Tuesday, 19 February 2019 00:00

Kebangkitan Pariwisata Lampung Selatan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Lampung Selatan memiliki berbagai keindahan alam yang beragam. Salah satunya adalah Desa Wisata Kunjir. Kecantikan ekosistem terumbu karang yang ada di Pantai Kunjir atau Way Kunjir di desa ini merupakan salah satu yang terbaik di Lampung Selatan. Selain panorama bawah laut, di daratan pemandangannya juga tak kalah eksotis dibanding pantai-pantai terkenal di Lampung. Ada pasir putih dan lautan biru serta sunset yang menawan di pantai ini. Namun keindahan tersebut sirna setelah wilayah Lampung Selatan di hantam Tsunami beberapa waktu yang lalu. Industri pariwisata yang menjadi sandaran hidup masyarakat di wilayah pesisir ini pun berantakan. Pusat oleh-oleh di sana hanyut ditelan ombak, penginapan dan resort luluh lantah serta berbagai fasilitas industri pariwisata lainnya tersapu gelombang tsunami.

Kabupaten Lampung Selatan merupakan salah satu wilayah yang terdampak tsunami Selat Sunda beberapa bulan silam. Untuk memulihkan pariwisata di wilayah Lampung Selatan Kementerian pariwisata mencanangkan program "Selat Sunda Bangkit" . Melalui program ini, perlahan tapi pasti industri pariwisata di wilayah Lampung Selatan bangkit. Pemerintah daerah yang di dukung oleh pemerintah pusat pun mulai memperbaiki jalan menuju berbagai objek wisata yang terkena dampak tsunami. Berbagai fasilitas penunjang pariwisata seperti penginapan, pusat oleh-oleh, pusat kerajinan tangan, sanggar seni dan lainnya diberikan kemudahan untuk peminjaman dana  kredit usaha rakyat atau KUR. 

Tercatat sebanyak 13 sub-bidang usaha pada sektor pariwisata yang dibiayai melalui program KUR, diantaranya usaha agen perjalanan wisata, sanggar seni, pentas seni, serta penyelenggara meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE). Kemenpar juga akan berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait dengan infrastruktur agar dapat segera memperbaiki fasilitas pendukung pariwisata yang terdampak. 

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Lampung Selatan, Yuda Sukmarina, mengharapkan hal ini dapat membuka wawasan kepada Pemerintah Daerah dan pelaku UMKM yang terdampak tsunami untuk bangkit dan kembali bersemangat dalam menggeluti usaha pasca tsunami. Kebangkitan industri pariwisata Lampung Selatan juga di tandai dengan akan diselenggarakannya event internasional seperti International Surfing Competition pada 14 sampai 17 April 2019. 

Read 877 times Last modified on Tuesday, 19 February 2019 15:18