Thursday, 28 February 2019 07:50

KLHK-CIFOR Kuatkan Kerja Sama Dalam Pengelolaan Hutan Berkelanjutan

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Sejak 11 tahun menjalin kerjasama Badan penelitian dan pengembangan - Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (BLI KLHK) bersama Center for Internasional Forestry Research (CIFOR) terus mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Kepala Badan penelitian dan pengembangan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, Agus Justianto berharap, kedua pihak dapat menggerakan ilmu pengetahuan menjadi sebuah aksi. Serta menerjemahkan gerakan-gerakan Internasional sebagai langkah untuk mendukung kesejahteraan masyarakat. Hal itu dikatakannya saat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Direktur Jenderal CIFOR, Robert Nasi, Bogor, Selasa lalu.

Sementara itu Robert Nasi menjelaskan, selama ini telah berjalan berbagai kegiatan antara lain pengembangan Sistem Akuntansi Karbon Nasional Indonesia (INCAS), Proyek Mata Pencaharian Berkelanjutan Bebas Asap (HFSLP), Program Adaptasi dan Mitigasi Lahan Basah Berkelanjutan (SWAMP), dan Perbaikan Tata Kelola, Kebijakan dan Pengaturan Kelembagaan untuk REDD, dan Studi Komparatif  Global tentang REDD+.

Dikatakannya, kini kerjasama tersebut kembali dikuatkan dalam beberapa bidang antara lain pengelolaan hutan berkelanjutan, pemanfaatan hutan berbasis pohon, dan perhutanan sosial. Fokus kerjasama ini juga meliputi beberapa wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, Robert Nasi juga menyampaikan CIFOR dan BLI KLHK atau forest and Environment Research Development and Innovation Agency of the Goverment of Indonesia (FOERDIA) memiliki sejarah panjang dalam bekerja bersama yang dimulai pada 1997 di Hutan Penelitian Bulungan.

Robert Nasi mengatakan nota kesepahaman yang diperbaharui ini merupakan penegasan atas komitmen CIFOR dalam pengelolaan hutan lestari di Indonesia. Dan langkah penting dalam kemitraan jangka panjang. Ia menantikan upaya bersama CIFOR yang berkesinambungan untuk menunjukkan peran penting hutan Indonesia dalam berkontribusi pada pencapaian tujuan nasional dan Sustainable Development Goals (SDGs). fld

Read 752 times