Saturday, 02 March 2019 07:12

Bandara Wiriadinata Tasikmalaya Resmi Beroperasi

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Presiden Joko Widodo  meresmikan Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu lalu. Bandara tersebut semula berfungsi sebatas pangkalan udara operasional TNI. Sejak 10 Juni 2017 bandar udara tersebut telah dibuka untuk penerbangan komersial. Pemerintah Indonesia kemudian melakukan pengembangan bandara tersebut dengan menambah panjang landasan pacu hingga mencapai 1.600 meter dan membangun terminal khusus penumpang.

Setelah menandatangani prasasti di bandara tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan kepada jurnalis akan menginstruksikan maskapai Garuda Indonesia untuk menambah jadwal penerbangan dari dan ke Tasikmalaya melalui Bandara Wiriadinata. Pengembangan tersebut diharapkan dapat memacu pertumbuhan pariwisata di Tasikmalaya dan sekitarnya. Presiden Joko Widodo menilai minat masyarakat akan angkutan udara ke wilayah Tasikmalaya cukup bagus.

Terkait hal itu, Kepala Negara telah menerima usulan Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil yang menginginkan adanya rute perjalanan alternatif untuk menuju daerah tersebut dari Jakarta, yaitu rute Jakarta-Bandung-Tasikmalaya dan sebaliknya dan rute Jakarta-Tasikmalaya. Presiden berharap Maret ada tambahan penerbangan lagi. Demikian dikatakan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Menurut Presiden, pembangunan infrastruktur transportasi baik darat dan udara di kawasan itu akan mempercepat pembangunan kekuatan ekonomi di Tasikmalaya. Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peresmian bandara Wiriadinata sebagai bandara umum memperteguh komitmen pemerintah untuk membangun dari daerah pinggiran. Budi Karya Sumadi menambahkan, konektivitas yang baik dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan memperkuat daya saing daerah di pasar internasional serta memperkuat persatuan. Selain transportasi udara, Budi Karya Sumadi juga menilai kawasan Jawa Barat bagian selatan perlu peningkatan transportasi kereta api.

Bandara Wiriadinata bisa dituruni oleh pesawat jenis ATR atau pesawat propeler berbadan kecil. Saat peresmian itu, dilakukan juga penerbangan perdana maskapai Wings Air dengan pesawat ATR dengan rute Tasikmalaya-Bandung. 

Read 717 times