Tuesday, 06 February 2018 00:00

Aplikasi Cirebon Wistakon

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Kota Cirebon, Jawa Barat memiliki berbagai destinasi menarik untuk dikunjungi. Untuk mempermudah wisatawan menjelajah berbagai tempat wisata di kota udang tersebut, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik setempat telah meluncurkan aplikasi "Cirebon Wistakon”. Aplikasi Cirebon Wistakon merupakan singkatan dari wisata kota Cirebon, dimana aplikasi tersebut berisi berbagai informasi pariwisata Cirebon. Aplikasi ini menyediakan informasi wisata dalam 10 kategori, yakni Favorit, Even&news, Attractions, Foods, Hotels, Shops, Religious, Healthcare, Finance, dan Services.

Untuk lokasi wisata, ada sepuluh item yang ada dalam aplikasi tersebut, yakni Taman Sari Gua Sunyaragi, Keraton Kacirebonan, Wisata Kera Plangon, Keraton Kanoman Cirebon, Keraton Kasepohan, British American Tobacco Cirebon, Wihara Dewi Welas Asih, Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, Pantai Kejawanan, dan Setu Sedong.

Bagi anda yang mencari tempat kuliner, anda  tinggal buka item Foods. Tersedia informasi mengenai penjual kuliner seperti Nasi Jamblang, Mie Koclok, dan Empal Gentong. Ada juga jenis makanan khas Cirebon serta lokasi penjualnya. Informasi tempat belanja tradisional maupun modern tersedia dalam aplikasi itu, seperti pasar Harjamukti, Pasar Batik Trusmi Cirebon, Pasar Pagi Cirebon, toko oleh-oleh Manisan Sinta, dan Pasar Mundu Cirebon. Aplikasi Cirebon Wistakon  bisa diunduh di Play Store bagi para pengguna android.

menurut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Iing Daiman, Aplikasi Cirebon Wistakon merupakan implementasi Cirebon Smart City. Iing Daiman menambahkan bahwa keberadaan program Smart City  sangat penting untuk peningkatan layanan serta kesejahteraan masyarakat. Karena program ini menggabungkan berbagai elemen untuk mewujudkan Kota Cirebon lebih maju dengan teknologi yang terus meningkat tanpa meninggalkan kearifan lokal. Karena itulah nama sejumlah aplikasi tetap menggunakan bahasa Cirebon. Aplikasi Cirebon Wistakon ini melengkapi 7 aplikasi lainnya yang sudah ada di Kota Cirebon. Aplikasi tersebut yaitu CIREBON LENGKO (Layanan Elektronik Kesehatan Online), yakni sistem pelayanan antrean online berbasis Android dan informasi berbasis Android mengenai ketersediaan ruang rawat inap di RSUD Gunung Jati. CIREBON BROJOL AJA KLALEN (Akte Langsung Jadi Kalau Lapor lewat Online) dengan konsep one day service. Ada program CIREBON SEDULUR (Sistem Elektronik Pelayanan Digital Kelurahan), dan CIREBON SEGA JAMBLANG  (Sistem Elekronik Kepegawaian dan Evaluasi Kinerja Secara Gamblang). Program selanjutnya adalah PORTAL SATIN CIREBON PASTI WERU, yakni penyajian informasi Kota Cirebon dalam satu portal. PROGRAM WADUL BAE (Warga Peduli Bocah lan Emboke) yang merupakan konsep penanganan terpadu kekerasan terhadap anak dan perempuan.Demikian edisi Warna Warni kali ini dengan tema Aplikasi Cirebon Wistakon. 

Read 1436 times Last modified on Wednesday, 07 February 2018 21:59