Wednesday, 07 February 2018 14:00

Lombok Akan Jadi Tuan Rumah Multilateral Naval Exercise Komodo 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut-TNI AL akan kembali menggelar latihan berskala internasional Multilateral Naval Exercise Komodo-MNEX Komodo 2018. MNEX merupakan latihan noncombatan yang lebih menekankan pada latihan diplomasi angkatan laut antarnegara di wilayah perbatasan. Direncanakan latihan akan dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 8 Mei 2018 di Lombok, yang dipusatkan di perairan Lembar, Lombok Barat. Diperkirakan empat ribu personel angkatan laut dari sejumlah negara ikut hadir dalam ajang tersebut.

Terkait hal tersebut, Komandan Gugus Tempur Laut Armada Timur-Armatim, Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi mengatakan, sudah ada 14 negara yang menyatakan kesiapannya mengirimkan kapal dan pasukan angkatan laut untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya itu. Sebelumnya, MNEX dilangsungkan di Batam, Kepulauan Riau pada 2014 dan Padang, Sumatera Barat pada 2016.

Rachmad menjelaskan, MNEX bertujuan meningkatkan kerja sama diplomasi maritim antarnegara dalam memperkuat poros maritim dunia. MNEX Komodo 2018 juga dilaksanakan untuk mempromosikan Lombok sebagai destinasi wisata untuk mendukung pariwisata nasional. Terdapat beragam kegiatan dalam MNEX Komodo 2018  yang meliputi inspeksi kapal dan latihan bersama angkatan laut negara-negara peserta dalam menangani kejadian bencana di laut, dan juga penanganan tindak perompakan dan terorisme di laut.

Selain latihan militer, MNEX Komodo 2018 juga akan melakukan sejumlah kegiatan sosial seperti memperbaiki fasilitas publik yang meliputi perbaikan jalan desa, fasilitas ibadah, dan sarana MCK. Tak ketinggalan, sebuah kapal perang rumah sakit juga akan disediakan untuk melayani pengobatan gratis di Pelabuhan Carik, Lombok Utara.

MNEX Komodo 2018 juga akan menampilkan Marine Village, yaitu para Anak Buah Kapal-ABK kapal perang negara asing akan berinteraksi dengan masyarakat lokal di Lombok, untuk mengenal budaya masyarakat setempat. MNEX Komodo 2018, juga akan diramaikan dengan kegiatan hiburan seperti Culinary Program, para pasukan AL dari negara-negara berbeda akan memasak bersama menu lokal Ayam Taliwang. Ada juga kegiatan Fun Run dan Fun Bike yang melibatkan peserta dan masyarakat Lombok. Serta akan digelar Wonderful Orkestra Indonesia, yang menampilkan beragam musik tradisional nusantara.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan, kedatangan ribuan personel angkatan laut dari berbagai negara merupakan hal yang sangat baik bagi promosi wisata daerah. Dinas Pariwisata NTB, juga akan menyiapkan sejumlah destinasi wisata di Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, dan Kota Mataram, mulai dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah, Pantai Senggigi di Lombok Barat, Gili-gili di Lombok Utara, dan situs-situs bersejarah di Kota Mataram.

Read 1383 times Last modified on Wednesday, 07 February 2018 21:47