Wednesday, 08 May 2019 12:41

Pulse Lab Jakarta Meluncurkan Platform Informasi Perencanaan Logistik Bencana Alam

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Pulse Lab Jakarta Meluncurkan Platform Informasi Perencanaan Logistik Bencana Alam Foto : Andy R. VOI

 

Pulse Lab Jakarta, Selasa sore, meluncurkan Platform Informasi Perencanaan Logistik Bencana Alam. Pulse Lab Jakarta, adalah lembaga yang didirikan melalui kemitraan antara Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Global Pulse dan Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Kepala Kantor Pulse Lab Jakarta Derval Usher mengatakan, Platform Informasi Perencanaan Logistik Bencana Alam merupakan platform sumber terbuka yang menggabungkan berbagai data non-tradisional dari berbagai sumber terpercaya, termasuk media sosial. Platform ini menerapkan penggunaan data dalam jumlah besar untuk menghadapi tantangan pembangunan, terutama bencana alam, mulai dari kondisi perekonomian di daerah terdampak bencana, kondisi geografis, pembangunan infrastruktur, hingga informasi yang disampaikan oleh masyarakat mengenai daerah terdampak gempa melalui media sosial.

Derval Usher mengatakan, dengan menggunakan data dalam jumlah besar, dirinya berharap agar semua pihak yang terlibat dalam penanganan bencana dapat mengambil keputusan yang tepat dalam setiap musibah bencana alam yang terjadi.

Jadi hari ini kami meluncurkan platform informasi perencanaan logistik bencana alam nasional. Pada dasarnya ini adalah platform sumber terbuka yang menggunakan data dalam jumlah besar dan mengintegrasikan kumpulan data non-tradisional serta memberikan masukan secara real-time tentang bencana alam yang sedang terjadi. Sehingga platform ini memberikan banyak data non-tradisional, sehingga para pihak yang terlibat dalam penanganan bencana dapat merespon sebuah bencana dengan lebih baik.

Platform informasi perencanaan logistik bencana nasional mengumpulkan berbagai informasi mengenai bencana yang sedang terjadi di suatu daerah. Platform ini memberikan informasi mengenai sebuah bencana yang sedang terjadi kepada pihak yang bertanggung jawab pada musibah bencana.

Derval Usher berharap, agar seluruh pemangku kepentingan dalam penanganan bencana, dapat beralih menggunakan informasi non-tradisional, agar penanganan bencana dapat dilakukan lebih baik. Ndy

Read 95 times Last modified on Wednesday, 08 May 2019 15:15