Wednesday, 08 May 2019 12:56

PBB Harapkan Penggunaan Data untuk Penanganan Bencana yang Bertanggung Jawab

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
PBB Harapkan Penggunaan Data untuk Penanganan Bencana yang Bertanggung Jawab Foto : Andy R. VOI

 

Asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan Ursula Mueller, Selasa di Jakarta mengapresiasi peluncuran Platform Informasi Perencanaan Logistik Bencana Nasional yang dilakukan oleh Pulse Lab Jakarta. Menurutnya peluncuran platform ini memiliki potensi tinggi dalam memberikan kesempatan bagi otoritas penanganan bencana alam dalam menentukan langkah yang tepat dalam penanggulangan bencana.

Meskipun demikian, Ursula mengingatkan pentingnya menjaga kerahasiaan data masyarakat. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Platform Informasi Perencanaan Logistik Bencana Nasional dapat memberikan informasi dalam jumlah  besar yang dapat digunakan dalam penanganan bencana. Ursula berharap, agar penggunaan platform ini juga dapat memastikan kerahasiaan dari data yang digunakan.

dengan kapasitas baru, juga muncul tanggung jawab baru. Dan pada saat yang sama, sebagaimana diperoleh banyak cara, di mana data dan teknologi baru dapat digunakan, kita perlu memastikan bahwa data dikelola secara bertanggung jawab dan dengan cara yang aman. Kita harus memastikan data diakses dan digunakan dengan menghormati hak kerahasiaan dan privasi semua warga negara.

Lebih lanjut, Ursula Mueller yang juga merupakan Wakil Koordinator Bantuan Darurat Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB menyampaikan, seluruh pihak yang bertanggung jawab pada penanganan bencana alam membutuhkan data yang akurat, terkini dan dapat diakses dengan mudah.

Menurutnya penggunaan platform ini nantinya selain akan memudahkan perencanaan penanganan bencana alam, namun juga dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan wilayah terdampak pasca terjadinya bencana. ndy

Read 566 times Last modified on Thursday, 09 May 2019 06:32