Monday, 01 July 2019 13:51

Indonesia dan Argentina Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Pemerintah Indonesia dan Argentina sepakat meningkatkan kerjasama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, pertanian dan industri strategis. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers bersama Presiden Argentina Mauricio Macri, di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat hari Rabu pekan lalu. Dalam keterangan pers usai pertemuan, Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia dan Argentina memiliki potensi membangun kerjasama yang lebih luas di bidang ekonomi. Menurut Presiden Joko Widodo, Argentina merupakan mitra perdagangan kedua terbesar Indonesia di kawasan Amerika Selatan. Selain itu menurut Presiden, PT Dirgantara Indonesia (Persero) juga menawarkan produk pesawatnya. PT GMF AeroAsia Tbk juga menawarkan kerja sama dan jasa pemeliharaan pesawat. PT Industri Kereta Api (INKA) juga menawarkan produk kereta dan gerbong kepada Argentina. Presiden juga mendorong kerjasama pengembangan industri pertanian.

Selain itu Presiden Joko Widodo berharap komoditas pertanian Indonesia seperti salak, manggis, nanas, dan yang lain-lainnya bisa masuk ke Argentina. Untuk itu, perlu di dorong langkah-langkah untuk mendekatkan pengusaha Indonesia, di antaranya dengan mengundang partisipasi pengusaha Argentina pada Trade Expo Indonesia. Sebagai sesama negara agraris, presiden Jokowi mengaku melihat potensi kerja sama di bidang pertanian. Oleh sebab itu ia menyambut baik kerja sama pengembangan sistem teknologi pertanian sebagai implementasi dari rencana aksi kerja sama pertanian antara Argentina dan Indonesia.

Sementara itu, Presiden Argentina, Mauricio Macri, mengatakan hubungan perdagangan dan budaya yang terus berkembang ini adalah kemajuan yang sangat penting dan harus dua arah. Ia  yakin bahwa potensi di bidang industri sangat besar. Dalam kesempatan itu, Macri menambahkan, dirinya juga tertarik untuk bekerja sama di bidang perkeretaapian dan industri penerbangan yang potensinya juga sangat besar. Ia juga ingin memperbaiki sistem visa supaya arus orang Indonesia dan Argentina yang saling mengunjungi bisa semakin meningkat karena Indonesia dan Argentina adalah dua negara yang sangat indah dan penuh dengan budaya.

Read 659 times