Muhamad Suhartono

Muhamad Suhartono

06
February

Calon presiden dan wakil presiden RI 2024-2029 mengangkat tangan bersama saat penutupan Debat Kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

 

Debat terbuka para calon Presiden Indonesia 2024 kembali digelar Minggu (04/02/2024) di Jakarta Convention Center. Debat terakhir yang merupakan rangkaian proses pemilihan umum harus dilalui oleh 3 pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024 sebelum nanti ditutup dengan kampanye akbar terakhir pada masa tenang dan hari pencoblosan pada 14 Februari. Debat penghujung rangkaian debat Pilpres 2024 mengangkat tema: pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

23
January

Tim pemenangan salah satu calon presiden RI menonton bersama Debat Keempat Pilpres 2024 di Ternate, Maluku Utara, Minggu (21/1/2023). (Foto: Antara/Andri Saputra)

 

Debat calon wakil presiden (cawapres) kedua, yang merupakan rangkaian dari Pemilu 2024 di acara debat pemilihan presiden (pilpres) keempat, diselenggarakan pada Minggu (21/01/2024) di Jakarta Convention Center. Acara debat keempat ini terdiri dari enam segmen sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Debat cawapres kedua ini menjadi penampilan kedua sekaligus terakhir untuk tiga cawapres yaitu Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2) dan Mahfud MD (nomor urut 3).

08
January

(Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Debat seri ketiga calon presiden 2024 digelar Minggu (7/1/2023) yang bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Pada kesempatan tersebut, ketiga calon presiden (capres) telah menunjukan kepiawaiannya dalam melakukan debat saling berargumen pada setiap pertanyaan yang dilontarkan para rivalnya di panggung debat.

10
December

 

 

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bekerjasama Kedutaan Besar Prancis dan Institut Francais d’Indonesia - IFI mengadakan Peringatan hari hak asasi manusia pada 10 Desember. Kolaborasi ketiga institusi tersebut diwujudkan dalam sebuah acara "UNiTE: Diskusi, Konser Musik dan Pertunjukan Seni untuk Mengakhiri Kekerasan terhadap perempuan" di MBloc, Jakarta, Minggu 10 Desember.

Acara ini, menandai hari terakhir dari kampanye global 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan yang bertujuan untuk menggalang aksi demi masa depan bebas kekerasan bagi perempuan dan anak perempuan.

Putu Ayu Saraswati salah satu narasumber dalam diskusi dari United Nations Population Fund - UNFPA  di acara UNITE mengatakan 1 dari 4 perempuan di Indonesia pernah mengalami kekerasan baik secara fisik dan non fisik. Untuk itu UNPF bekerjasama dengan semua pihak terkait terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan mengadapi kekerasan terhadap perempuan. Menurut Ayu Saraswati peran semua pihak termasuk media sangat penting dalam menginformasikan penanganan kekerasan terhadap perempuan juga edukasi terhadap kaum laki.

Insert

Menjadi tanggung jawab bersama kita secara individu, organisasi, pemerintah swasta, media juga punya kewajiban untuk memberikan edukasi dan memberikan informasi yang tepat bukan hanya bagi perempuan sehingga mereka dapat bantuan tetapi juga edukasi untuk laki laki bagaimana cara menjadi laki laki yang sadar akan informasi mengenai kesetaraan,

Putu Ayu Saraswati menambahkan situasi saat ini seperti gunung es dimana yang tampak permukaan hanya sedikit saja yang terlihat dan terjadi tentang kekerasan terhadap perempuan. Namun usaha usaha yang telah dilakukan oleh semua pihak termasuk UNFP, menurut Putu Ayu Saraswati, sudah banyak memberikan hal positif dalam hal mengatasi kekerasan terhadap perempuan. Saat ini, sudah banyak perempuan berani melaporkan apa yang dialami baik di rumah maupun di luar rumah kepada pihak terkait menyusul kekerasan fisik dan verbal yang dialaminya

Pihak yang terlibat dalam Acara "UNiTE" selain Kedutaan Besar Prancis, Institut Français Indonesia (IFI), PBB di Indonesia juga bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Komnas Perempuan dan Yayasan Pulih.