Friday, 26 July 2019 12:52

Pengamat Harapkan Peningkatan Ekspor Buah ke China

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Pekerja menyortir buah mangga arum manis di perkebunan PT Trigatra Rajasa, Desa Lamongan, Arjasa, Situbondo, Jawa Timur, Senin (5/11/2018). Perkebunan tersebut mampu memproduksi buah mangga yang dipasarkan ke sejumlah kota di Jawa dan di ekspor ke Malaysia serta Tiongkok . Pekerja menyortir buah mangga arum manis di perkebunan PT Trigatra Rajasa, Desa Lamongan, Arjasa, Situbondo, Jawa Timur, Senin (5/11/2018). Perkebunan tersebut mampu memproduksi buah mangga yang dipasarkan ke sejumlah kota di Jawa dan di ekspor ke Malaysia serta Tiongkok . Foto : antaranews.com/Jatim/Seno/ZK.

Pengamat perdagangan Internasional Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi mengharapkan adanya peningkatan ekspor buah maupun produk lainnya ke Republik Rakyat Tingkok,  yang berpotensi mendorong kinerja neraca perdagangan Indonesia.Indonesia unggul terutama di produk makanan minuman, tembakau, tekstil, dan juga produk-produk pertanian dan perkebunan, tentunya ini menjadi komoditas unggulan Indonesia.Hal tersebut dikatakan Fithra Faisal Hastiadi dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Kamis menanggapi hasil positif kunjungan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang melakukan sejumlah lobi kepada pelaku bisnis di Tiongkok untuk mendorong nilai ekspor.

Dari kunjungan tersebut, sejumlah komoditas diperkirakan dapat menjadi pendorong ekspor Indonesia ke Tiongkok di masa depan antara lain CPO, buah-buahan dan sarang burung walet.Sedangkan, salah satu ekspor buah yang dapat kembali meningkat adalah manggis.

Antara.

Read 596 times Last modified on Friday, 26 July 2019 14:27