Friday, 16 February 2018 14:25

Malaysia Diminta Beri Keadilan Terhadap Kasus Kematian TKW Adelina

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Lalu Muhammad Iqbal Lalu Muhammad Iqbal rri.co.id

 

Pemerintah Indonesia meminta pemerintah Malaysia memberikan jaminan, untuk terus mengawal kasus kematian tenaga kerja wanita (TKW) asal Nusa Tenggara Timur, Adelina Jemira Sao, yang diduga disiksa oleh 3 majikannya sebelum akhirnya meninggal dunia pada 11 Februari lalu. Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum Indonesia dari Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, di Kementerian Luar Negeri Jakarta Kamis (15/2/2018) menyatakan, Indonesia meminta pemerintah Malaysia memberikan keadilan bagi Adelina dan menghukum para pelaku seberat-beratnya.

“Tidak perlu dibuka kompensasinya, yang jelas dia sudah mendapatkan kompensasinya penuh dari agent. Yang belum   adalah dari majikan. Tetapi karena ini sudah proses hukum, tentu kompensasi dari majikan akan kami mintakan dari proses pengadilan,.” kata Lalu Muhammad Iqbal.

Lebih lanjut Muahhamd Iqbal menambahkan baik Indonesia maupun Malaysia melihat kasus kematian tenaga kerja wanita berusia 29 tahun itu sebagai suatu tragedi. Karena hasil post mortem terhadap jenazah Adelina telah dikeluarkan oleh otoritas Malaysia, Kamis, 15 Februari, maka pemulangan jenazah akan segera dilakukan. Menurut Iqbal, pihaknya telah berkomunikasi intensif dengan keluarga almarhum yakni diwakili oleh paman dan ayah almarhumah, yang siap menerima jenazah di kampung halaman. (KBRN/RETNO/MAR)

Read 757 times Last modified on Friday, 16 February 2018 22:31