Tuesday, 06 August 2019 13:15

Indonesia Ingin Jadikan Chile sebagai "hub" di Amerika Selatan

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Direktur Perlindungan Bilateral Kementrian Perdagangan Ni Made Ayu Marthini (kanan) saat memberikan keterangan mengenai IC CEPA kepada para pewarta di Gedung Kementrian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin. Direktur Perlindungan Bilateral Kementrian Perdagangan Ni Made Ayu Marthini (kanan) saat memberikan keterangan mengenai IC CEPA kepada para pewarta di Gedung Kementrian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin. Foto : antaranews.com/A Rauf Andar Adipati.

 

Indonesia ingin menjadikan Chile sebagai hub (penghubung) di Amerika Selatan, melalui Kesepakatan Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Indonesia-Chile (IC-CEPA). Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan Ni Made Ayu Marthini di Jakarta Senin mengatakan, ini pertama kali Indonesia punya perjanjian dagang dengan negara Amerika Selatan. Dikatakan, Indonesia memanfaatkan Chile karena Chile punya hubungan dagang dengan negara-negara Amerika Selatan lain.

Menurut Ni Made, terdapat dua alasan utama Chile menjadi mitra strategis bagi Indonesia, yakni Chile merupakan negara kecil namun strategis dengan produk-produk yang berbeda dengan Indonesia. Yang kedua adalah Chile merupakan negara yang terbuka dengan 29 perjanjian dagang yang mereka miliki. 

 

Antara.

Read 469 times Last modified on Tuesday, 06 August 2019 16:08