Wednesday, 16 October 2019 09:06

Menlu sebut tiga alasan penting Indo-Pasifik

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya saat membacakan pidato Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Konferensi Pengembangan Hukum Internasional di Asia (Development of International Law in Asia/DILA) di Jakarta, Selasa (15/10/2019). Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya saat membacakan pidato Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Konferensi Pengembangan Hukum Internasional di Asia (Development of International Law in Asia/DILA) di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menekankan ada tiga alasan penting Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific) bagi Indonesia. Ketiga alasan itu diungkapkan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya saat membacakan pidato Menteri Luar Negeri dalam Konferensi Pengembangan Hukum Internasional di Asia di Jakarta, Selasa. Pertama, ASEAN berkepentingan membangun arsitektur ekonomi dan keamanan sehingga dinamika eksternal akan terus membawa perdamaian, keamanan, stabilitas dan kemakmuran bagi masyarakat ASEAN.

Kedua, ASEAN perlu secara konsisten memunculkan kepemimpinan kolektifnya dalam membentuk visi untuk kerja sama yang lebih erat di Indo-Pasifik. Ketiga, ASEAN juga perlu terus menjadi perantara yang jujur dalam lingkungan strategis kepentingan yang bersaing. (antara)

Read 348 times Last modified on Wednesday, 16 October 2019 12:32