Saturday, 07 March 2020 10:53

Pemerintah Tingkatkan Potensi Ekspor Produk UKM

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki memperhatikan sebuah miniatur sepeda produk UMKM saat mengunjungi redaksi Antara di Wisma Antara, Jakarta, Jumat (6/3/2020). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/awwb Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki memperhatikan sebuah miniatur sepeda produk UMKM saat mengunjungi redaksi Antara di Wisma Antara, Jakarta, Jumat (6/3/2020). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/awwb

 

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berupaya meningkatkan  potensi ekspor produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) ke berbagai negara hingga dua kali lipat kontribusinya terhadap ekspor nasional pada 2024.Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat mengunjungi Lembaga Kantor Berita Antara di Jakarta, Jumat mengatakan, dirinya diminta Presiden Joko Widodo untuk menaikkan ekspor UKM dua kali lipat dari sekarang.

Pada 2024 itu kira-kira 30 persen, di mana saat ini baru 14,5 persen.Teten memaparkan, kontribusi ekspor produk UKM di Indonesia memang masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan negara lain, di antaranya Jepang yang kontribusinya mencapai 55 persen, Korea Selatan 60 persen, Tiongkok  70 persen, dan Thailand 35 persen.Teten optimistis UKM nasional mampu melahirkan produk-produk dengan standarisasi global, sehingga mampu diterima pasar internasional. (ant.7.3’20.mar)

Read 356 times Last modified on Monday, 09 March 2020 07:56