Thursday, 26 March 2020 08:35

Kemendag hapus persetujuan impor bawang putih

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Ilustrasi. Pekerja menimbang bawang putih impor dari China di gudang bawang di Malang, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nz Ilustrasi. Pekerja menimbang bawang putih impor dari China di gudang bawang di Malang, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nz

 

Kementerian Perdagangan membebaskan sementara izin impor untuk bawang putih dan bawang bombay terhitung sejak Rabu (18/3).Pembebasan izin impor dilakukan dengan menghapuskan persetujuan impor (PI) serta laporan surveyor (LS) bawang putih dan bawang bombay.Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Rabu mengatakan, pembebasan ini bersifat sementara hingga 31 Mei 2020 dan diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 27 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 44 Tahun 2019 tentang Ketentuan Impor Produk Hortikultura.

Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden untuk ketersediaan serta menjaga harga barang dan bahan pangan pokok seperti gula, bawang putih, daging, dan barang/bahan pokok lainnya yang penyediaannya dari dalam negeri maupun dari luar negeri sehingga tidak terjadi kelangkaan dan lonjakan harga yang signifikan di masyarakat, utamanya dalam menghadapi dampak wabah COVID-19 dan menjelang bulan Ramadhan serta Idul Fitri 1441 H.(ant.26.3;20.mar)

Read 385 times Last modified on Thursday, 26 March 2020 09:45