Thursday, 30 July 2020 08:37

KBRI New Delhi Fasilitasi Kepulangan 24 WNI ke Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)
24 WNI Pulang Ke Indonesia dari New Delhi ke Jakarta, 24 WNI Pulang Ke Indonesia dari New Delhi ke Jakarta, rri.co.id

Jakarta (VOI News) - Kedutaan Besar RI di New Delhi, India, kembali sukses melaksanakan program repatriasi mandiri bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertahan di India. Hanya terpaut 4 (empat) hari sejak program repatriasi mandiri Jilid-4 pada 23 Juli lalu, pada Selasa (27/7), KBRI New Delhi kembali sukses melaksanakan program repatriasi mandiri untuk yang kelima kalinya. Rilis KBRI New Delhi yang diterima Voice of Indonesia di Jakarta, Rabu (29/07) menyebutkan sebanyak 24 orang WNI terdaftar dalam program repatriasi mandiri jilid-5 ini. Kepada Voice of Indonesia di Jakarta, Rabu (29/07), Counsellor Penerangan Sosial Budaya KBRI New Delhi, Irvan Fachrizal, selaku koordinator lapangan program repatriasi ini menuturkan KBRI terus melakukan upaya perlindungan kepada WNI yang tertahan di India akibat pemberlakuan kebijakan lockdown oleh Pemerintah setempat karena wabah COVID-19 sejak 24 Maret 2020.  

“KBRI akan terus melakukan tugas perlindungan dengan mengidentifikasi WNI tertahan di seluruh Negara Bagian di India agar mereka dapat kembali ke Indonesia melalui program serupa. Mengacu pada pengalaman beberapa kali repatriasi sebelumnya, inshaAllah ke depannya akan lebih baik lagi dan harapan kami WNI bisa segera berkumpul dengan keluarga tercinta di tanah air. Tentunya hal itu yang menjadi semangat buat kami dalam menjalankan tugas untuk mensukseskan setiap program repatriasi,” kata Irvan Fachrizal.

Program repatriasi kali ini menggunakan penerbangan Garuda Indonesia (GA 8150) rute Delhi–Medan–Jakarta, dan tiba di Jakarta pada 28 Juli 2020. Dari 24 WNI tersebut, 1 orang di antaranya adalah pelajar, 21 orang peziarah religi, dan 2 orang wisatawan. Mereka datang dari negara bagian Haryana, Punjab, dan Karnataka.  

Seperti repatriasi yang telah dilakukan sebelumnya, KBRI New Delhi memfasilitasi para WNI dengan surat jalan untuk dimanfaatkan saat melanjutkan perjalanan ke daerah masing-masing di Indonesia, surat keterangan telah melaksanakan tes COVID-19, dan APD lengkap demi kelancaran dan keamanan mereka hingga sampai di Indonesia. Hingga saat ini, jumlah total WNI yang telah berhasil dipulangkan dari India sebanyak 419 orang dari wilayah KBRI New Delhi dan dari wilayah Konsulat Jenderal RI (KJRI) Mumbai. (VOI/Rilis KBRI New Delhi/AHM) 

Read 450 times Last modified on Thursday, 30 July 2020 09:58