Friday, 08 January 2021 00:00

Setelah Vaksinasi, akankah Herd Immunity tercapai?

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Antaranews Antaranews

Beberapa negara telah mulai melaksanakan vaksinasi pada  warganya dalam rangka menanggulangi pandemi Corona Covid19 yang masih melanda dunia.

Israel termasuk negara yang pertama melaksanakan vaksinasi covid19. Hingga kini lebih kurang 1 juta orang sudah divaksinasi di sana. Disusul oleh Bahrain dan Inggris, meski jumlahnya belum signifikani. Sementara beberapa negara lain masih mempersiapkan atau baru memulai proses vaksinasi. Belanda misalnya, baru memulai vaksinasi tanggal 6 Januari 2021. Indonesia  rencananya  pada  pertengahan bulan Januari 2021 ini.

Yang dikejar oleh berbagai negara adalah pelaksanaan vaksinasi mencapai angka minimal 70 Persen dari populasi hingga  tercapai kekebalan kawanan atau  Herd Immunity.

Israel berharap mencapai herd immunity pada Februari 2021.  Berbeda dengan Inggris yang terpaksa melakukan lockdown kembali   karena jumlah pasien yang terpapar  di negara itu  terus bertanbah. Pada 4 Januari, ada hampir 22 ribu  pasien dirawat di rumah sakit karena kasus Covid-19 di Inggris. Ini merupakan  peningkatan 30 persen dalam seminggu yang diduga  karena lonjakan infeksi dari jenis varian  baru yang menyebar lebih cepat. Kekhawatiran akan sebaran virus covid19 beserta varian barunya ini bahkan  sudah menyebar ke negara-negara lain.

Banyak yang mempertanyakan, akankah herd immunity segera tercapai setelah vaksinasi dilakukan?

Epidemiolog dari Global Health Security Griffith University, Dicky Budiman mengatakan meskipun saat ini sudah ada vaksin, namun perlu diketahui efek vaksin belum diketahui sepenuhnya. Sehingga  vaksin tidak bisa menjadi jawaban penuntasan kasus Covid 19. Gaya hidup New Normal yang mengikuti protokol Kesehatan  masih tetap diperlukan.

Perlu upaya-upaya sinergis agar vaksin bisa efektif. Angka sebaran Covid paling tidak harus bisa dikendalikan terlebih dulu. Persepsi masyarakat tentang covid19 sebagai virus berbahaya juga harus disatukan dulu.

Dengan begitu seharusnya negara2 tidak cuma fokus pada distribusi vaksin ke berbagai tempat. Upaya-upaya lain harus tetap dilakukan seiring dengan program vaksinasi. Termasuk komunikasi publik yang baik agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan walaupun vaksinasi sudah dilakukan.

Read 626 times Last modified on Friday, 08 January 2021 09:49