Tuesday, 10 April 2018 11:42

Buka IAF 2018, Wapres JK Harapkan Pembentukan Arah Pengembangan Kerjasama Indonesia-Afrika

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla berharap Forum Indonesia Afrika tahun 2018 akan dapat membentuk arah peningkatan kerjasama antara Indonesia dan negara-negara di benua Afrika. Berbicara pada pembukaan Forum Indonesia Afrika tahun 2018, Wakil Presiden mengatakan Indonesia memiliki komitmen kuat untuk terus meningkatkan kerjasama dengan negara-negara di kawasan benua Afrika. 

Wakil Presiden Jusuf Kalla bahkan memastikan bahwa dalam konteks kerjasama peningkatan sumberdaya manusia, Indonesia akan meningkatkan pemberian beasiswa bagi pelajar dari negara-negara Afrika, termasuk meningkatkan kerjasama bidang konektifitas dan perjanjian dagang. 

saya menyambut baik fakta bahwa forum ini akan menghasilkan kerjasama ekonomi secara konkrit, baik di bidang indrastuktur, industri strategis dan keuangan. Perjanjian dagang diawal acara tadi bernilai lebih dari 500 juta dolar termasuk kerjasama lain yang akan menyusul di tahun ini. Diperlukan kerja keras untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut. Di tahun 2019 kerjasama indonesia dan afrika akan terus berlanjut diantaranya melalui indonesia afrika dialog infrastruktur “. 

Forum Indonesia Afrika 2018 merupakan forum pertama antara indonesia dan 46 negara-negara di afrika. Forum ini merupakan platform bagi pemerintah dan pelaku bisnis antara Indonesia dan negara-negara Afrika untuk mengeksplorasi dan meningkatkan kerjasama ekonomi dan perdagangan, serta mempromosikan investasi dan kerjasama teknis. 

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan persahabatan antara Indonesia dan negara-negara Afrika yang telah dimulai sejak tahun 1955 pada konferensi asia afrika harus diperkuat. Di tahun 2017 nilai kerjasama indonesia afrika mencapai 8,85 miliar dolar AS. Jumlah ini meningkat 15,49 persen dibandingkan tahun sebelumnya. (Ndy)

Read 608 times