Tuesday, 08 May 2018 13:06

LIPI Dukung Penguatan Jaminan Kualitas Infrastruktur Kesehatan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

Metrologi merupakan salah satu pilar dalam infrastruktur  mutu nasional yang memiliki peran mendasar terhadap jaminan kualitas layanan kesehatan. Untuk memperkuat peran tersebut diperlukan upaya sinergi dalam memperkuat infrastruktur mutu nasional. Deputi Bidang Jasa Ilmiah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Mego Pinandito disela-sela acara Presentasi Ilmiah mengenai Penguatan Infrastruktur Metrologi untuk Menjamin Kualitas Layanan Kesehatan di Jakarta Senin (07/05) kepada Media mengatakan, LIPI mendorong semua laboratorium kalibrasi di Indonesia memiliki standar internasional alat ukur kesehatan. Dikatakannya, Standar uji kalibrasi yang dimiliki LIPI diharapkan menjadi acuan bagi laboratorium kalibrasi di Indonesia sehingga laboratorium-laboratorium tersebut memiliki kesetaraan yang berstandar internasional.

 

‘’Jadi LIPI sebagai institusi metrologi yang tertinggi di Indonesia dan itu sudah diakui dunia dan kita akan mendapatkan sebuah nilai kesetaraan secara internasional. Di dalam negeri itu nantinya  LIPI bersama laboratorium kalibrasi dan laboratorium uji di Indonesia melaksanakan uji banding laboratorium kalibrasi untuk laboratorium kalibrasi. Satu lagi namanya proficiency testing untuk laboratorium uji’’.

 

Mego Pinandito juga mengatakan Pusat Penelitian Metrologi LIPI telah menghasikan berbagai hasil penelitian untuk mendukung jaminan kualitas infrastruktur kesehatan yang salah satunya pengembangan sistem kalibrasi “ear thermometer” alat ukur suhu telinga. Menurutnya sistem tersebut rencananya akan digunakan dalam uji banding internasional pada tahun 2018. Ahmad Faisal VOI RRI

 

Read 782 times Last modified on Tuesday, 08 May 2018 14:31