Tuesday, 29 May 2018 12:16

Prioritas RI Jika Terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyatakan, Indonesia memiliki sejumlah prioritas jika nanti terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa – Bangsa (DK PBB) untuk periode 2019-2020. Usai acara buka bersama di Kantor Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (RI), Jakarta pada Senin (28/5), Retno Marsudi menjelaskan kontribusi Indonesia di bidang perdamaian dan penguatan organisasi regional termasuk ke dalam prioritas tersebut.

“ Ada beberapa prioritas kita, pertama tentunya kan tagline kita a true partner for peace, jadi kita akan melanjutkan kontribusi kita untuk bidang perdamaian. Terus kemudian, termasuk masalah peace keepers, peace keeping operations, dan sebagainya. Kemudian yang kedua kita ingin memperkuat  organisasi-organisasi regional. Karena kan kita melihat bahwa pada saat terjadi perkembangan yang sangat dinamis, maka yang akan lebih cepat masuk adalah organisasi – organisasi regional. Oleh karena itu, perlu perkuatan komunikasi, kontak, hubungan antara organisasi regional dengan UN “.

Retno Marsudi menambahkan, pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG's) dan keterkaitannya dengan isu perdamaian juga menjadi prioritas Indonesia apabila terpilih sebagai anggota DK PBB. Menurutnya, SDGs tidak akan terpenuhi jika perdamaian tidak dapat diwujudkan. Retno Marsudi menambahkan, hal lain yang juga menjadi prioritas Indonesia adalah kejahatan lintas batas negara atau transnational crime. Indonesia akan berupaya meningkatkan kerjasama antar negara di dunia untuk memerangi kejahatan tersebut. Pemilihan anggota tidak tetap DK PBB sendiri akan berlangsung pada tanggal 8 Juni mendatang di New York, Amerika Serikat (AS). Indonesia masuk dalam grup Asia-Pasifik dan akan bersaing dengan Maladewa untuk memperebutkan kursi anggota tidak tetap DK PBB. (voi/Rezha)

Read 608 times Last modified on Wednesday, 30 May 2018 08:25