Friday, 23 December 2022 11:44

Alumni UIN Jakarta Gelar IKALUIN Award dan Refleksi Akhir Tahun 2022

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Jakarta (voinews.id) : Para alumni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, melalui para juri dan panel independen, menetapkan penerima penghargaan bagi para alumni dengan bakti dan manfaat kepada masyarakat luas.

Penyerahan penghargaan ini dilangsungkan pada acara IKALUIN Award dan Refleksi Akhir Tahun 2022 yang mengambil tema Menelusuri ”Islam Mazhab Ciputat”, dari Akar hingga Manfaat di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, pada Jumat (23/12).

Menurut keterangan resmi yang diterima, Jumat di Jakarta, Ketua Panitia IKALUIN Award dan Refleksi Akhir Tahun Iwan Buana menjelaskan, penghargaan diberikan kepada para alumni yang berkontribusi besar bagi perkembangan dan kemajuan masyarakat Indonesia, khususnya dalam pemikiran keagamaan, pendidikan, dan humaniora.

”Proses penentuan awardee sangat selektif, dilakukan dengan penyaringan oleh juri dan tim panel independen seperti Yudi Latif dan Dwi Rubianti Kholifah dari AMAN Indonesia,” tuturnya.

Ada tujuh kategori IKALUIN Award yang diberikan kepada alumni UIN Jakarta dengan pencapaian istimewa, yaitu di bidang Kesetaraan Gender dan Perlindungan Anak, Hukum dan HAM, Politik dan Tata Kelola Pemerintahan, Pendidikan, Pemikiran Keagamaan, Pemberdayaan Masyarakat, dan Seni Budaya.

Selain tujuh bidang tersebut ada juga penghargaan khusus, lifetime achievement award diberikan kepada sosok dengan kesetiaan pada perjuangan mewujudkan masyarakat Islam yang terbuka, toleran, demokratis, dan memperkokoh dialog antar-iman.

Ketua IKALUIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tb. Ace Hasan Syadzily menyatakan, IKALUIN Award merupakan sebuah apresiasi kepada para alumni yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

“Kita harapkan ini akan memotivasi para alumni untuk lebih menunjukkan peran dan sumbangsihnya kepada masyarakat di bidang masing-masing,” katanya.

Ace juga berharap acara IKALUIN Award dan Refleksi Akhir Tahun dapat mendorong semangat mempromosikan Islam yang kosmopolit, moderat, dan adaptif.

“Demikianlah Islam yang dicirikan oleh kampus yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan, tapi tetap disebut UIN Jakarta ini,” katanya.

Selain penyerahan penghargaan, kegiatan ini juga diisi dengan pidato kebudayaan oleh seniman cum aktivis Saleh Abdullah yang disambung refleksi akhir tahun yang disampaikan Fachry Ali.

 

Read 186 times Last modified on Friday, 23 December 2022 11:48