Wednesday, 11 January 2023 22:02

Menlu : Diplomasi Indonesia Dukung Pemulihan Kesehatan Nasional dan Global

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Jakarta (voinews.id) : Di masa pandemi, diplomasi Indonesia bekerja untuk mendukung pemulihan kesehatan nasional dan global. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan selama pandemi, Indonesia telah menerima sebanyak 516 juta vaksin. 137 juta dosis di antaranya diperoleh melalui kerja sama bilateral dan multilateral. Dari jumlah itu, menurutnya, sebanyak 412 juta dosis vaksin telah disampaikan kepada masyarakat Indonesia.

“Indonesia terus memperjuangkan akses vaksin untuk semua melalui co-chairmanship kami di COVAX AMC Engagement Group,” katanya dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM), Rabu (11/1) di Jakarta.

Hingga Desember 2022, menurut Retno, COVAX telah mengirimkan 1,88 miliar dosis vaksin ke 146 negara, termasuk 103 juta dosis ke Indonesia. Selain itu, menurutnya, Indonesia juga telah menjadi salah satu tuan rumah Pusat Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan Penyakit Menular ASEAN (ACHPEED), tuan rumah Institut ASEAN untuk Bidang Pengelolaan Bencana Kesehatan (AIDHM), dan berperan aktif dalam pengembangan Traktat Pandemi yang baru.

Kontribusi keuangan untuk sektor kesehatan global juga telah disampaikan melalui hibah sebesar 50 juta dolar AS untuk Dana Pandemi, 5 juta dolar AS untuk Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), komitmen 15,5 juta dolar AS untuk Global Fund dan 5 juta dolar AS untuk Regional Reserve of Medical Supplies.

“Untuk memperkuat ketahanan kesehatan nasional, diplomasi dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai regional hub penelitian dan produksi vaksin. Indonesia terpilih sebagai penerima teknologi vaksin mRNA dari WHO,” kata Retno.

Sebelumnya pada Oktober lalu, Presiden Joko Widodo telah meluncurkan IndoVac, vaksin COVID-19 produksi Indonesia hasil kerja sama antara Bio Farma dan Baylor College of Medicine dari Amerika Serikat.

Read 188 times