Thursday, 19 January 2023 17:50

Indonesia Berkomitmen Bantu Etnis Rohingya

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Jakarta (voinews.id) : Indonesia terus mendorong pembahasan isu Rohingya di sejumlah forum internasional, termasuk di ASEAN. Menurut Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto R. Suryodipuro, selain mendorong pembahasan isu Rohingya, Indonesia bersama dengan negara-negara anggota ASEAN turut mendorong terpenuhinya jaminan keamanan dan keselamatan seluruh komunitas di Myanmar.

“Indonesia dan negara anggota ASEAN lain mendorong pemenuhan komitmen oleh otoritas Myanmar untuk menjamin keselamatan dan keamanan seluruh komunitas di Rakhine State,” katanya dalam keterangan yang disampaikan, Kamis (19/1) di Jakarta.

Selain itu, Sidharto menambahkan, Indonesia juga berkomitmen untuk terus memperkuat peran ASEAN dibawah Keketuaan Indonesia tahun 2023 dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada etnis Rohingya. 

“Memfasilitasi repatriasi yang bermartabat dan memajukan pembangunan berkelanjutan di Rakhine State,” katanya.

Lebih lanjut, menurutnya, permasalahan yang terjadi di Rakhine State tidak dapat dilepaskan dari isu Myanmar secara nasional. Oleh karena itu, ia mengatakan, diperlukan pendekatan yang komprehensif agar persoalan-persoalan yang terjadi dapat diselesaikan, terutama mengingat dampak yang terjadi terhadap stabilitas kawasan. 

Read 208 times