Tuesday, 07 February 2023 18:05

Pameran ATF 2023 Berjalan Sukses Melampaui Target

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

(voinews.id) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi penyelenggaraan Pameran Asean Tourism Forum (ATF) 2023, yang berjalan sukses, baik pada forum business to business (B2B) maupun business to customer (B2C). Dalam keterangan yang disampaikan pada Senin (6/2) di Jakarta, Sandiaga Uno menyoroti forum B2C yang mencatatkan jumlah transaksi, melampaui target yang telah ditetapkan.

“Dan yang paling menggembirakan adalah B2Cnya. Ini jumlah transaksinya wow. Dari kita tadi targetnya hanya 2-3 Miliar, tembus per pertengahan hari kemarin, hari minggu, lebih dari 8,12 Miliar Rupiah”, ujar Sandiaga.

Sementara itu, terkait forum B2B, menurut Sandiaga, pemerintah baru mencatat total potensi sebesar 55 hingga 60 juta dollar AS. Sandiaga optimis, setelah semua transaksi B2B terbukukan, target 100 juta dollar transaksi akan mampu dicapai.

ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 juga telah menghasilkan kesepakatan kerja sama dengan Qatar Airlines, yakni melalui platform Qatar Airlines dapat mempromosikan destinasi-destinasi pariwisata, hingga event-event nusantara.

Qatar Airlines nantinya diharapkan juga bisa menambah rute penerbangan langsung ke Jakarta, Denpasar, dan ke destinasi lainnya seperti Yogyakarta, Surabaya, dan beberapa destinasi yang mereka minati seperti Kualanamu di Medan.

“Jadi ini yang kita harapkan dalam waktu beberapa bulan ke depan kita akan melakukan pemasaran bersama sehingga harapannya akan lebih banyak wisatawan mancanegara yang datang,” kata Menparekraf.

Lebih lanjut, Menparekraf menyampaikan penyelenggaraan ATF 2023 menjadi momentum penting bagi industri pariwisata Yogyakarta untuk bangkit kembali. Pascapandemi COVID-19 kunjungan wisatawan ke Yogyakarta baik turis domestik (wisnus) maupun turis asing (wisman) berangsur-angsur bangkit kembali.

Dalam mendukung penyelenggaraan ATF 2023, maskapai penerbangan Batik Air membuka rute penerbangan dari Yogyakarta ke Singapura dan Kuala Lumpur (Malaysia).

Yogyakarta merupakan destinasi favorit bagi wisman dari Singapura dan Kuala Lumpur. Saat ini Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) melayani 6 maskapai penerbangan ke luar negeri; yakni Airasia INA: Singapura (SIN)-YIA 4 penerbangan/pekan; Airasia Malaysia: Kuala Lumpur (KUL)-YIA (daily); Scoot : SIN-YIA (2 penerbangan/pekan); Malaysia Air KUL-YIA (2 penerbangan/pekan); Batik Air SIN-YIA (4 penerbangan/pekan); dan Batik Air KUL-YIA (3 penerbangan/pekan).

“Sehingga diharapkan 6 maskapai ini akan terus bertambah, kita harapkan bisa menjadi penyemangat kebangkitan kita pemicu target 7,4 juta wisman yang akan hadir untuk melihat keindahan alam kita, keragaman budaya kita,” kata Menparekraf Sandiaga.

Read 235 times Last modified on Tuesday, 07 February 2023 18:09