Tuesday, 07 February 2023 23:28

KJRI Sydney Serahkan Penghargaan Lottie Maramis Awards kepada Siswa Australia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Jakarta (voinews.id) : KJRI Sydney menyerahkan penghargaan Lottie Maramis Awards kepada Rory Leah Clements, siswa Macarthur Anglican School, New South Wales (NSW) Australia, Senin (6/2).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Konsul Penerangan, Sosial, dan Budaya KJRI Sydney Abdul Nazar, di Auditorium Macarthur Anglican School pada kesempatan pertemuan awal tahun Kepala Sekolah dengan seluruh siswa.

Penghargaan Lottie Maramis Awards diberikan atas prestasi pencapaian Higher School Certificate (HSC) dengan nilai tertinggi di kategori Indonesian Extension dan Indonesian Continuers yang diujikan kepada seluruh siswa yang mengambil mata pelajaran bahasa Indonesia pada sekolah-sekolah di NSW.

“Saya sangat senang bisa menerima penghargaan ini dan saya ingin terus memperdalam Bahasa Indonesia,” kata Rory selepas menerima penghargaan.

Rory, yang tahun ini sudah memulai perkuliahannya di University of Sydney, juga menyampaikan keinginannya untuk berkunjung dan belajar seni dan budaya di Indonesia. 

“Saya ingin belajar seni dan budaya di Indonesia,” ungkap Rory dalam bahasa Indonesia dengan lancar.

Sementara itu, Abdul Nazar dalam sambutannya mengharapkan lebih banyak lagi murid yang mengambil mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

Menurutnya, bahasa Indonesia adalah bahasa yang penting untuk dipelajari karena di masa depan bahasa Indonesia akan menjadi bahasa yang penting dalam bisnis dan ekonomi. Terlebih, hubungan bilateral Indonesia dan Australia terus meningkat di berbagai bidang.

“KJRI Sydney dengan senang hati akan selalu mendukung dan membuka setiap peluang kolaborasi dengan sekolah-sekolah yang mengajarkan bahasa Indonesia di NSW, termasuk Macarthur Anglican School,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah Macarthur Anglican School Dr. David   Knockles menyampaikan apresiasi atas perhatian dan dukungan Pemerintah Indonesia terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah yang dipimpinnya. 

Sementara itu Asti Blake, guru bahasa Indonesia di Macarthur Anglican School mengatakan bahwa mengajarkan bahasa Indonesia membutuhkan upaya khusus agar bahasa Indonesia dapat diterima dengan baik oleh para siswa.

“Kita memilih cara memanfaatkan seni dan budaya serta melalui kuliner khas Indonesia untuk menumbuhkan ketertarikan dan rasa senang mereka terhadap Bahasa Indonesia. Yang terpenting adalah bagaimana mereka terlebih dahulu bisa merasa fun untuk belajar Bahasa Indonesia,” ungkap Asti. 

Pat Hanna, Presiden Australia Indonesia Association (AIA) yang juga hadir pada acara penganugerahan mengungkapkan Penghargaan Lottie Maramis ini diprakarsai oleh AIA NSW dalam rangka menghormati dan mengenang Charlotte Maramis yang merupakan salah seorang pendiri AIA.

Bekerja sama dengan KJRI Sydney, AIA menganugerahkan penghargaan Lottie Maramis setiap tahun di awal tahun pelajaran baru kepada murid yang telah meraih HSC dengan nilai tertinggi untuk memberikan motivasi dalam upaya mempromosikan bahasa Indonesia secara terus menerus. 

AIA merupakan organisasi yang dibentuk pada Juli 1945 dan berperan penting dalam menggalang dukungan masyarakat Australia terhadap kemerdekaan Indonesia.

Pengharagaan yang sama juga diberikan kepada Tobby Hill, siswa Camden Haven High School yang meraih penghargaan untuk kategori Indonesian Beginners, dan Putu Jayengrani, siswi NSW School of Languages dan Chatswood High School, untuk kategori Indonesian and Literature. Keduanya meraih angka tertinggi untuk masing-masing kategori.

Read 248 times