Wednesday, 08 February 2023 21:49

KBRI Ankara Evakuasi 123 Korban Gempa Turki

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Jakarta (voinews.id) : Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar RI di Ankara, berhasil mengevakuasi 123 orang korban gempa yang melanda Turki, Senin (6/2) lalu.
Menurut keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI yang diterima pada Rabu (8/2) di Jakarta, sebanyak 4 tim yang diturunkan KBRI Ankara berhasil mengevakuasi korban dari 4 wilayah yang terkena dampak paling parah, yaitu Gaziantep, Kahramanmaras, Diyarbakir, dan Hatay.
“Dalam rombongan evakuasi tersebut juga terdapat 2 warga negara Malaysia dan 1 warga negara Myanmar,” tulis Kemlu.
Menurut keterangan tersebut, tercatat 1 orang warga negara Indonesia dan anaknya yang berusia 1 tahun meninggal dunia di wilayah Kahramanmaras.
“Tim evakuasi KBRI Ankara yang berada di lokasi telah mengurus pemulasaraan jenazah,” tulis Kemlu RI.  
Terdapat 10 orang WNI korban luka-luka. 4 orang  diantaranya telah ditangani di rumah sakit setempat dan 6 orang lainnya dievakuasi ke Ankara untuk mendapatkan penanganan medis lanjut.
Kondisi di lokasi gempa tergolong berat sehingga menyulitkan akses masuk, khususnya di Gaziantep City Center, Nurdagi, Hatay dan Kahramanmaras.
“Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mempersiapkan pengiriman tim SAR dan medis ke Turki,” kata Kemlu.
Pemerintah Indonesia melalui KBRI Ankara akan terus memantau perkembangan situasi, utamanya yang terkait dengan kondisi WNI dan persiapan pengiriman bantuan kemanusiaan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Hotline KBRI Ankara +90 532 135 22 98.

Read 220 times