Thursday, 16 February 2023 14:48

RS Lapangan Indonesia Beroperasi di Propinsi Hatay

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Rumah Sakit (RS) lapangan Indonesia mulai melayani penduduk Hassa, Turki, yang terdampak gempa. 

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (16/2), rumah sakit tersebut melayani masyarakat dari 6 sub-distrik, yaitu Ardancli, Gulkent, Hacilar, Nazmanli, Aktepe dan Egribucak. 

"Rumah Sakit lapangan Indonesia berlokasi di antara Hatay dan Kahramanmaras, 2 propinsi paling terdampak gempa," tulis Kemlu.

Rumah Sakit lapangan Indonesia dilengkapi sejumlah fasilitas kesehatan bagi masyarakat terdampak gempa, di antaranya ruang triase, ruang tindakan rawat jalan, ruang apotik, ruang tindakan bedah, dan ruang rawat inap. 

Selain itu, menurut Kemlu RI, Pemerintah Turki juga memanfaatkan C-130 Hercules TNI-AU sebagai angkutan logistik bencana.

Sementara itu, KBRI Ankara dan KBRI Damaskus terus memberikan bantuan sosial kepada WNI dan warga setempat yang terdampak gempa di Turki dan Suriah.

"Di Turki, KBRI Ankara telah mendistribusikan paket bantuan sosial bagi para WNI terdampak gempa di sekitar Provinsi Hatay, Turki, pada Rabu (15/2)," tulis Kemlu.

Paket bantuan sosial yang didistribusikan terdiri dari makanan pokok dan perlengkapan musim dingin antara lain selimut, jaket, serta keperluan dasar tertentu yang mereka butuhkan. 

"Di Suriah, KBRI Damaskus menyalurkan bantuan di sejumlah tempat di Suriah," kata Kemlu.

Bantuan tersebut berupa makanan, obat-obatan dan pakaian musim dingin.

Read 205 times Last modified on Thursday, 16 February 2023 14:55