Thursday, 23 February 2023 13:13

Kepolisian RI akan Gelar Operasi Mantap Brata untuk Mengamankan Pemilu

Written by 
Rate this item
(2 votes)

 

VOInews, Jakarta: Kepolisian RI berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hingga selesai. Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Dedi Prasetyo mengatakan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menjalin komunikasi dengan penyelenggara Pemilu baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) ataupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun pemerintah daerah untuk bekerja sama mengamankan proses Pemilu 2024.

“Polri akan menggelar Operasi Mantap Brata pada bulan Oktober 2023 sampai nanti menjelang pelantikan Presiden terpilih,” kata Dedi saat berbincang dengan RRI Voice of Indonesia, Kamis (23/2) di Jakarta.

Dedi mengatakan Operasi Mantap Brata digelar untuk menjamin pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu berjalan dengan lancar dan demokratis. Menurutnya, di dalam Operasi Mantap Brata, Polri akan menurunkan kekuatan personel yang berbeda dalam tiap tahapan Pemilu. Ia menjelaskan, saat ini, Indonesia memiliki jumlah personel kepolisian terbesar kedua di dunia dengan 260 ribu personel kepolisian.

“Kita tergantung kepada tahapan-tahapannya misalkan tahapan pencoblosan ini berarti kita akan mengeluarkan 3/4 kekuatan kita dari 260.000 itu semuanya mulai dari tingkat TPS kemudian pengamanan di kantor KPU pengamanan kantor Bawaslu baik tingkat kabupaten provinsi sampai dengan nasional,” katanya.

Sementara untuk pengamanan Pemilu di luar negeri, Dedi Prasetyo mengatakan Polri juga menjalin kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan perwakilan Indonesia di luar negeri untuk mengamankan proses tahapan Pemilu.

“Kita juga akan menggelar (pengamanan) di seluruh KBRI yang ada di luar negeri. Di situ kita punya atase kepolisian. Kemudian di sentra-sentra di mana warga negara Indonesia dan diaspora akan menyampaikan hak suaranya. Kita akan mengamankan bekerja sama dengan pihak KBRI,” katanya.

Meskipun kepolisian berkomitmen untuk menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 dengan aman dan demokratis, namun Dedi mendorong agar masyarakat juga tidak mudah terpengaruh oleh sebaran informasi hoax yang tidak terkonfirmasi. Menurutnya bangsa Indonesia adalah bangsa besar dengan kebhinekaan sebagai modal utama. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta menjaga persatuan dan kesatuan, khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Read 252 times