Friday, 10 March 2023 18:49

Kapal Terbalik, Enam ABK WNI Belum Ditemukan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Enam orang anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang tenggelam di perairan Jepang masih belum ditemukan.

Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI Judha Nugraha mengatakan hingga hari ini proses pencarian dan penyelamatan (SAR) masih terus dilakukan.

Keenam ABK WNI menghilang saat kapal Taiwan Sing Chang Fa nomor 88 terbalik di perairan dekat Pulau Senkaku. Kapal tersebut membawa 7 penumpang termasuk kapten kapal berkewarganegaraan Taiwan.

“Per hari ini dapat disampaikan bahwa operasi SAR masih tetap dilaksanakan oleh coast guard Jepang dan juga coast guard Taiwan namun keenam ABK WNI yang ada di kapal tersebut belum ditemukan,” katanya dalam press briefing, Jumat (10/3) di Kemlu RI, Jakarta.

Sebelumnya dilaporkan, telah ditemukan satu jenazah dan berdasarkan identifikasi sidik jari, jenazah yang ditemukan tersebut merupakan kapten kapal.

Menurut Judha, pihak KBRI Taipei juga telah bertemu dengan otoritas Taiwan dan pemilik kapal guna memastikan hak ABK terpenuhi. Judha Nugraha mengatakan keenam ABK WNI yang hilang berasal dari Jawa Tengah.

“Dari 6 ABK kapal penangkap ikan warga negara Indonesia tersebut dapat kami sampaikan asalnya adalah antara lain mayoritas dari Jawa Tengah. Ada di Pemalang, Pekalongan, Brebes, dan juga ada yang dari Indramayu,” katanya.

Selain itu, ia menambahkan, pemerintah juga telah menghubungi pihak keluarga melalui Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk memberikan informasi terkini terkait upaya SAR yang dilakukan.

Read 243 times