Monday, 24 April 2023 10:37

DPR Harap Proses Evakuasi WNI dari Sudan Berjalan Lancar

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mendukung penuh langkah evakuasi terhadap WNI di Sudan menyusul konflik bersenjata di wilayah tersebut. Christina berharap proses evakuasi berjalan lancar dan aman sampai tiba di tanah air dalam keadaan selamat.

"Keputusan lakukan evakuasi menjadi langkah tepat untuk situasi yang terus memburuk di Sudan saat ini. Sama halnya negara lain yang mulai mengevakuasi warganya, kita berharap WNI kita yang akan mulai keluar dari Sudan bisa selamat sampai tiba di tanah air," ungkap Christina kepada wartawan di Jakarta, Senin (24/4/2023). I

a menambahkan, berdasarkan komunikasi dengan Dirjen Protokoler Konsuler Kemlu RI, proses evakuasi dilakukan melalui jalan darat dari Khartoum ke Pelabuhan Sudan dengan jarak sekitar 1.200 km. Selanjutnya WNI akan menyebrang menggunakan kapal menuju Jeddah, baru diterbangkan dari Jeddah ke Jakarta. 

"Proses ini tentu tidak mudah. Kita doakan semuanya berjalan lancar, tidak ada hambatan berarti khususnya dalam perjalanan menuju pelabuhan Sudan," ucap Christina. 

Berdasarkan data sementara Kemlu RI, tercatat 850 orang WNI yang akan dievakuasi. Diketahui mayoritas WNI di Sudan adalah mahasiswa. 

Read 219 times