Tuesday, 02 May 2023 07:14

Menlu RI Bahas Penguatan Kerja Sama Bilateral dan Isu Afghanistan di Qatar

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja sehari ke Qatar dan bertemu Minister of State for International Cooperation, Lolwah Al-Khater. Pertemuan ini dilakukan di Islamic Art Museum.

“Dalam pertemuan kami perteguh komitmen untuk terus meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, khususnya di bidang ekonomi,” kata Menlu Retno dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Selain membahas penguatan kerja sama ekonomi, menurut Menlu Retno, kedua belah pihak juga membahas isu Afghanistan. Hal ini, menurutnya, karena State Minister Lolwah diberikan mandat oleh Pemerintah Qatar untuk isu tersebut.

“Kita juga lakukan compare note terkait isu Afghanistan,” kata Menlu.

Retno menjelaskan, Indonesia dan Qatar bersepakat untuk membantu rakyat Afghanistan terutama untuk dua bidang utama, yaitu kesehatan dan pendidikan.

“Kami juga membahas upaya untuk terus dorong pemajuan hak-hak perempuan di Afghanistan,” jelasnya.

Untuk memajukan pendidikan di Afghanistan, Retno Marsudi mengatakan, Indonesia dan Qatar membahas beberapa beasiswa yang ditawarkan kepada rakyat Afghanistan terutama untuk kaum perempuan.

“Dan guna menindaklanjuti International Conference on Afghan Women Education yang diselenggarakan Desember tahun lalu di Bali, maka direncanakan akan dilakukan pertemuan serupa di Doha pada November tahun ini,” tambahnya.

Selain itu, menurut Retno, didalam pertemuannya dengan Minister of State for International Cooperation, Lolwah Al-Khater, keduanya juga sepakat untuk melanjutkan Dialog Trilateral Ulama Indonesia-Qatar-Afghanistan yang kedua kalinya.

Sementara itu dalam pertemuannya dengan Chairman of Qatar Museums, Sheikha Mayassa al Thani, yang dilakukan di Museum Nasional Qatar, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membahas kerja sama budaya Indonesia-Qatar.

“Tahun ini merupakan Indonesia-Qatar Cultural Year. Dalam satu tahun ini, dilakukan berbagai acara budaya di kedua negara,” kata Menlu.

Selain memajukan kerja sama budaya, menurut Retno, Qatar juga berkeinginan untuk memajukan kerja sama di bidang ekonomi kreatif dengan Indonesia.

“Dalam kaitan inilah, Sheikha Mayassa merencanakan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat. Beliau akan berkunjung ke Indonesia untuk bahas kerja sama budaya dan ekonomi kreatif,” tutupnya.

Read 211 times