Tuesday, 09 May 2023 16:25

Sidang ACC ke-32 Membuka Jalan bagi Pencapaian Hasil KTT ASEAN

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

 

VOInews, Labuan Bajo: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menggaris bawahi pentingnya pertemuan Dewan Koordinasi ASEAN (ACC) ke-33, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5). Dalam sambutannya, Menlu Retno menekankan sejumlah poin yang relevan dalam pertemuan ACC untuk membuka jalan bagi KTT ASEAN untuk mencapai hasil-hasil penting. 

“Pertama, tentang persiapan KTT ASEAN ke-42,” katanya dalam sambutan pembukaan sidang ACC.

Ia menjelaskan, sejumlah program kegiatan yang dibahas dalam ACC ke-32, termasuk daftar topik indikatif dan daftar hasil yang akan disepakati oleh para pemimpin ASEAN sejalan dengan tema Keketuaan Indonesia di ASEAN, yaitu ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. 

“Kedua, tentang pentingnya penguatan kapasitas dan kelembagaan ASEAN,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, para peserta sidang ACC juga akan membahas mekanisme kerja yang lebih efektif, fleksibel dan tidak terlalu birokratis, untuk dapat mengikuti tantangan yang terus berkembang di kawasan Indo-Pasifik. Selain itu, sidang ACC ke-32 juga membahas persiapan keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN.

“Kami ingin membahas rekomendasi Peta Jalan bagi Timor-Leste untuk menjadi anggota penuh ASEAN. Dan saya yakin kita dapat mendukung Peta Jalan ini dan membantu saudara-saudari kita di Timor-Leste,” katanya.

Read 202 times Last modified on Tuesday, 09 May 2023 16:33