Wednesday, 10 May 2023 16:04

Presiden Joko Widodo Sampaikan Harapan Pemimpin ASEAN kepada Parlemen dan Generasi Muda ASEAN

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

VOInews, Labuan Bajo: Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada parlemen ASEAN, dalam pertemuan pemimpin negara ASEAN dengan Majelis Antar Parlemen ASEAN, Rabu (10/5) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Menurutnya, parlemen ASEAN selalu memberikan dukungan kepada para pemimpin negara ASEAN sehingga kebijakan di masa darurat pandemi dapat dilakukan dengan cepat dan ASEAN mampu melewati masa kritis.

“Kita harus memastikan ASEAN mampu lebih tanggap dan resilien menghadapi tantangan sehingga menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil dan demokratis,” katanya.

Dalam pertemuan yang menjadi rangkaian KTT ASEAN ke-42 itu, Presiden Joko Widodo juga mengingatkan pentingnya peran parlemen di ASEAN untuk mendukung penyusunan agenda ASEAN 2045.

“Kolaborasi Pemerintah dan Parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi guna menjamin ASEAN menjadi Epicentrum of Growth,” katanya.

Sementara itu dalam pertemuan ASEAN Leaders dengan perwakilan ASEAN Youth, Presiden Joko Widodo menyampaikan generasi muda ASEAN merupakan calon pemimpin masa depan yang memiliki energi positif, dan ide-ide kreatif untuk memajukan kawasan. Dirinya pun menyampaikan harapan besar agar generasi muda ASEAN dapat mengambil peran besar untuk keberlangsungan kawasan.

“Kami berharap peran besar Generasi Muda ASEAN untuk keberlangsungan Asia Tenggara sebagai kawasan stabil dan damai, serta menjadi Epicentrum of Growth,” katanya.

Lebih lanjut Presiden Joko Widodo mengatakan ASEAN memiliki modal kuat untuk bisa mencapai tujuan kawasan yang stabil dan damai, yaitu dengan perekonomian yang tumbuh jauh diatas rerata dunia, kestabilan kawasan yang terjaga serta bonus demografi ASEAN.

“Generasi muda ASEAN perlu merumuskan langkah-langkah terbaik, untuk memaksimalkan potensi tersebut,” tutupnya.

 

 

 

 

 

Read 188 times