Wednesday, 24 May 2023 14:59

Slovenia Tawarkan Pemanfaatan Pelabuhan Koper untuk Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Slovenia Tanja Fajon menawarkan pemanfaatan Pelabuhan Koper di Slovenia untuk meningkatkan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Slovenia. Pelabuhan Koper terletak sekitar 100 kilometer dari kota Ljubljana, ibukota Slovenia. Menurut Tanja Fajon, Pelabuhan Koper menawarkan jalur distribusi logistik terpendek dari Asia menuju Eropa.

“Kami ingin lebih banyak pengusaha Indonesia mengetahui tentang Pelabuhan Koper. Ini adalah jalan terpendek dari Asia menuju Eropa. Jadi saya mempresentasikan jalur terpendek menuju pintu Eropa melalui Pelabuhan Koper,” katanya usai bertemu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Gedung Kementerian Luar Negeri Jakarta, Rabu (24/5).

Kerja sama ekonomi Indonesia dan Slovenia tercatat sedang mengalami tren kenaikan sebesar 14,71 persen dalam lima tahun terakhir. Bahkan pada 2022, nilai perdagangan kedua negara mengalami peningkatan sebesar 45,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Menurut Tanja Fajon, masih banyak potensi yang belum terjamah dalam kerja sama ekonomi kedua negara.

“Ada banyak potensi kerja sama yang belum dimanfaatkan termasuk dalam hal hubungan people-to-people contact dan antar perusahaan,” katanya.

Kunjungan Menlu Slovenia Tanja Fajon ke Indonesia merupakan kunjungan yang tertunda selama 17 tahun. Meskipun demikian, menurutnya, kedua negara telah bertemu dalam banyak forum multilateral. Ia percaya kunjungannya kali ini menjadi kesempatan baik untuk lebih meningkatkan kerja sama kedua negara.

“Saya sangat senang atas keterbukaan, kejujuran dan saling mendengarkan satu sama lain untuk saling memahami dan untuk memperkuat dialog antara kedua negara kita,” katanya.

Tanja Fajon juga menyampaikan apresiasi terhadap kontribusi Indonesia dalam penyelesaian isu-isu regional dan global. Ia optimis, kerja sama Indonesia dan Slovenia akan terus berkembang di masa mendatang.

“Izinkan saya mengatakan sekali lagi betapa senangnya saya berada di sini di Jakarta. Hari ini telah menjadi diskusi yang sangat inspiratif dan sangat informatif dan sangat terbuka. Saya tetap yakin untuk masa depan hubungan bilateral kita pasti aman di tangan dua menteri wanita,” tutupnya.

Read 213 times