Thursday, 15 June 2023 13:23

Indonesia dan Denmark Resmikan Bebas Visa untuk Paspor Dinas dan Diplomatik

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menteri Imigrasi dan Integrasi Denmark Kaare Dybvad Bek meresmikan pemberlakuan bebas visa untuk paspor dinas dan diplomatik elektronik untuk Indonesia dan Denmark. Peresmian itu dilakukan di sela kunjungan Menteri Retno ke Denmark dalam rangka kunjungan kerja.

“Peresmian dilakukan secara simbolik dengan saling tukar specimen paspor dinas dan diplomatik elektronik antara kedua Menteri,” kata Retno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (14/6).

Menurut Menlu, peresmian ini dapat mendorong penguatan hubungan bilateral kedua negara. Tahun lalu, kerja sama perdagangan kedua negara naik hingga 132 persen mencapai hampir USD 1 miliar.

“Pemberlakukan bebas visa ini diharapkan dapat ikut mendorong penguatan hubungan bilateral kedua negara, termasuk untuk mengimplementasikan Strategic Partnership Plan of Action untuk tahun 2021-2024 serta kerja sama di sektor transisi energi dan kesehatan,” katanya.

Sebelumnya dalam kunjungannya ke Denmark, Menlu Retno juga telah bertemu dengan para pemimpin perusahaan multinasional di Denmark. Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menyampaikan sejumlah peluang investasi di Indonesia beserta fokus pembangunan yang dilakukan Indonesia saat ini.

“Dari diskusi tersebut, terlihat jelas antusiasme mereka untuk berinvestasi di Indonesia. Dan mereka melihat potensi Indonesia sangat besar,” katanya.

Pertemuan Menlu Retno Marsudi dengan Menteri Imigrasi dan Integrasi Denmark Kaare Dybvad Bek merupakan bagian dari kunjungan Retno ke Denmark. Ini merupakan kunjungan Menlu RI pertama setelah 17 tahun. Kunjungan terakhir dilakukan pada 2006.

Read 223 times