Wednesday, 21 June 2023 08:26

UNICEF ingatkan kamp pengungsi Haiti terancam langka pangan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews.id- UNICEF mengatakan anak-anak Haiti mengalami kekurangan makanan, bantuan medis, dan pendidikan yang parah. Pernyataan disampaikan Senin waktu setempat beberapa jam setelah baku tembak sengit terjadi dekat kamp pengungsi yang penuh sesak.

Geng-geng bersenjata berat memperluas wilayah mereka dan kini mengendalikan komunitas berjumlah sekitar dua juta orang, kata PBB. Kebanyakan wanita dan anak-anak yang hidup di kamp itu sering menjadi korban pembunuhan dan kekerasan seksual. Hal ini memicu krisis kemanusiaan yang menurut UNICEF telah memaksa sekitar 165 ribu orang mengungsi, sementara yang lainnya melarikan diri dengan menggunakan perahu.

"Anak-anak kekurangan gizi, mereka butuh bantuan dan dunia mesti memberikan perhatian," kata Direktur Eksekutif UNICEF Catherine Russell setelah mengunjungi kamp New Church of God of Deliverance, yang kini menampung 120 keluarga dari lingkungan terdampak paling parah, termasuk 239 anak-anak. Anak-anak itu sangat membutuhkan perawatan kesehatan seperti imunisasi dan sekolah. "Orang dewasa harus berhenti berkelahi dan perhatikanlah anak-anak," ujar Russell.

“Kami tidak bisa lagi menampung anak-anak karena tidak ada lagi ruangan,” kata Stephanie Pierre, yang mengelola kamp padat penduduk yang berfungsi sebagai klinik keliling yang mendistribusikan perlengkapan sanitasi dan informasi kolera.

 

antara

Read 137 times