Thursday, 03 August 2023 13:29

Menlu RI Dorong Kolaborasi Pemerintah Pusat dan Derah di Forum Gubernur dan Walikota ASEAN

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berharap agar Forum Walikota dan Gubernur ASEAN dapat mendukung pencapaian visi ASEAN Matters, Epicentrum of Growth yang dicanangkan oleh Indonesia selaku Ketua ASEAN.

"Banyak peran penting yang bisa dilakukan gubernur dan walikota untuk mendukung ASEAN Matters, Epicentrum of Growth," kata Menlu dalam sambutannya pada acara Forum Gubernur dan Walikota ASEAN, di Jakarta, Selasa (1/8).

Sejumlah isu yang mendapat perhatian dalam Forum ini diataranya isu kesehatan, ketahanan pangan dan transisi energi. Menlu Retno mengatakan, pandemi COVID-19 telah menunjukkan bahwa penguatan arsitektur kesehatan sangat penting dalam menghadapi pandemi. 

"Hal ini membutuhkan mobilisasi sumber daya yang memadai dan kolaborasi diantara semua pemangku kepentingan," katanya.

Selain itu, Menlu Retno juga mengatakan bahwa perang dan konflik telah menyebabkan kelangkaan pangan dan kenaikan harga bahan pokok. Menurutnya, dengan latar belakang ini, Keketuaan Indonesia di ASEAN juga akan memprakarsai inisiatif yang akan membangun mekanisme regional untuk memperkuat ketahanan pangan, rantai pasok kawasan, serta pertanian berkelanjutan.

"Pemerintah daerah dan pusat harus berperan untuk mendukung hal ini dengan memastikan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan," katanya.

Lebih lanjut Retno Marsudi juga menyebut tentang masa depan kawasan terkait ekonomi hijau. Menurutnya, percepatan transisi energi merupakan kunci untuk mencapainya. 

"Indonesia telah menetapkan target yang ambisius yaitu target bauran energi 23% dari energi terbarukan pada tahun 2025 dan emisi nett-zero pada 2060," katanya.

Sementara itu ASEAN, menurut Retno, juga berkomitmen untuk mencapai pangsa energi terbarukan sebesar 23% dalam pasokan energi pada 2025.

"Tidak saja untuk keberlanjutan transisi ini sangat penting untuk transformasi ekonomi ASEAN. Kunci transformasi ini adalah mengembangkan industri hilir termasuk memproduksi baterai EV," katanya.

Read 216 times Last modified on Thursday, 03 August 2023 13:33