Saturday, 19 August 2023 20:51

Peringati HUT RI ke-78, KBRI Moskow Gelar Upacara Penaikan Bendera Merah Putih

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Sebanyak 350 orang yang meliputi pejabat dan keluarga besar KBRI Moskow yang mengenakan pakaian nasional dan adat, mahasiswa dan pekerja migran Indonesia, diaspora, dan juga tamu undangan lainnya melaksanakan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di lapangan upacara KBRI Moskow, Kamis (17/8).

“Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares, memimpin kegiatan sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Komandan Upacara adalah Atase Laut, Kolonel Laut (T) Febri Yakob Paruntu,” tulis KBRI Moskow dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (19/8).

Adapun tamu undangan yang hadir adalah Wakil Menteri Luar Negeri RI periode 2008-2011, Triyono Wibowo dan istri, Akademisi dan Pengamat di bidang Pertahanan dan Keamanan Connie Rahakundini Bakrie, Presiden Asosiasi Persahabatan Indonesia-Rusia Ruslan Bayramov, Vice President Makassar Group Prof. Sudaryanto Yanto Priyono, dan General Director Mayora Group Russia Bharat Wadhawa.  

Kegiatan penaikan bendera dilaksanakan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari 15 pelajar dan mahasiswa/i Indonesia yang tengah belajar di Rusia. 

“Salah seorang Paskibra berasal dari Papua, yakni Ripka Safkaur, yang saat ini tengah menempuh pendidikan S1 di Tomsk State University jurusan Hubungan Internasional. Selain itu, pembaca teks Proklamasi dilakukan oleh  Svetlana Fadillah, warga negara Indonesia dari etnis Rusia,” tulis KBRI.

Usai upacara penaikan bendera, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi Pemilihan Umum 2024 disusul dengan acara hiburan berupa lomba balap kelereng, berlari pakai sarung, memasukan pinsil ke botol, dan makan biskuit; menyanyikan lagu ”Hari Merdeka” oleh vocal grup putra-putri KBRI Moskow; tari-tarian nasional oleh Kirana Nusantara Dance (KND) binaan KBRI Moskow dan tarian Bali oleh pekerja migran Indonesia, band “The Daks & the Bandar” kolaborasi KBRI Moskow dan mahasiswa PERMIRA, musikalisasi puisi “Aku Ingin” karya Sapardi Djoko Damono oleh Trio Na-Na-Na, dan grup Marawis “El-Santri” yang membawakan lagu-lagu daerah, dan vokalis Uliana Pobedina (alumnus P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta Darmasiswa 2013) dan Anastasia Vedotova (alumnus program BIPA) yang membawakan lagu populer Indonesia.  

“Seluruh hadirin serentak menari ketika lagu “Gemu Famire” dibawakan band KBRI dengan instruktur tari Elisabeth Nur Nilasari dan Ekaterina Makanina,” tulis KBRI.

Kegiatan juga disemarakan dengan bazaar aneka makanan-minuman, busana dan suvenir Nusantara oleh Dharma Wanita Persatuan KBRI Moskow dan juga demonstrasi masak Wingko Babat oleh Master Chef Aziz Amri, jebolan Master Chef Indonesia Musim ke-7 tahun 2020, yang tengah berada di Moskow dalam rangka pembukaan “Festival Masakan Indonesia” di restoran Niyama di Moskow.

“Acaranya sangat meriah, ada lomba kelereng, ada musik koplo, musik pop dan lain-lain. Kami gembira sekali banyak jajanan pisang goreng, bakso, es mambo isi kacang hijau, yang enak dan juga suvenir menarik. Terima kasih KBRI yang sudah mengobati rindu kami pada tanah air,” ungkap Turini, seorang pekerja migran Indonesia. 

KBRI Moskow juga menyuguhkan makan siang kepada hadirin, berupa nasi liwet, ayam goreng omelet, telur asin, sambal matah, kerupuk, es kopi cincau, kue lumpur, dan risoles. 

Rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-78 RI di Moskow diakhiri dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada pukul 18.00 waktu Moskow yang dipimpin Dubes Jose Tavares dengan Komandan Upacara, Atase Darat Kolonel (Chb) Edi Surohmat Setya Tuhu Bagyo, dan diikuti jajaran pejabat dan staf KBRI Moskow beserta keluarga secara khidmat.

Read 215 times