Tuesday, 22 August 2023 13:50

Film 'Mappacci’ Promosikan Budaya dan Destinasi Wisata Kota Makassar

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Poster Film Mappacci Poster Film Mappacci

 

 

VOInews, Jakarta: Untuk lebih mengenal budaya suku Bugis, Sulawesi Selatan dan destinasi wisata Kota Makassar, sineas asli Makassar menghadirkan film Mappacci (Malam Pacar).

 

 

Melalui keterangan tertulis, Selasa (22/08/2023), Sunarti Sain dan Mohit NV dari 786 Production selaku Eksekutif Produser Film Mappacci mengatakan film ini dibuat untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar.

 

 

“Alhamdulillah film ini didedikasikan untuk mempromosikan Pariwisata dan Kebudayaan di Sulsel khususnya Kota Makassar. Kita berharap pemerintah, pihak swasta, dan lembaga pendidikan mendukung penuh film ini dengan menontonnya beramai-ramai,” ujar Sunarti Sain dan Mohit NV.

 

 

Aktor-aktris serta komedian Kota Makassar seperti Cahya Arynagara, Cipta Perdana, Andi Batari Bintang, Farisa, Zulkifly Gani Ottoh, Andi Noufah P serta Tumming, Abu, Adhy, Sukri Bassitoayya, Zakaribo, Oki DM, Mamak Ramlah, Adhe MPJ dan Jun ikut ambil bagian bermain sangat apik di film besutan sutradara Andi Burhamzah.

 

 

Selain band papan atas seperti Noah, D‘masiv, Geisha yang turut mengisi soundtrack di film ini, ada pula band lokal dari Makassar Natinson dan lagu Bugis ‘Mappadendang’ yang dinyanyikan oleh Maharani.

 

 

Film ini bercerita tentang Tenri (Andi Batari Bintang) seorang penulis yang akan menghadapi hari pernikahan dengan kekasihnya dr Iwan (Cahya Arynagara). Tenri mendapat kabar buruk tentang sang kekasih (dr Iwan) mengalami kecelakaan karena kapal yang ditumpanginya tenggelam. Tenri berduka dan susah untuk bisa move on. Meski ia kemudian bertemu dengan Erwin (Cipta Perdana) yang tulus mencintainya.

 

 

Melansir dari duniapendidikan.id, dalam adat masyarakat Bugis, proses pernikahan mempunyai beberapa rangkaian acara, salah satunya adalah ”Mappacci”. Mappacci berasal dari kata” Pacci” yanh merupakan tumbuhan berdaun sejenis daun kelor, yang bila dihubungkan dengan Bahasa Bugis memiliki makna” Paccing” artinya bersih atau suci.

 

 

 

Mappacci bermakna sebagai penyuciaan bagi calon mempelai dari segala kotoran, dosa atau keburukan lainnya yang pernah dilakukan, baik di sengaja maupun tidak di sengaja. Sehingga ketika memasuki pernikahan ia dalam keadaan yang suci, bersih jiwa dan raga. Sebagaimana kesucian pernikahan itu sendiri.

 

 

Film Mappacci akan ditayangkan serentak mulai 24 Agustus 2023 di seluruh bioskop Indonesia.

Read 306 times Last modified on Tuesday, 22 August 2023 14:14