Thursday, 24 August 2023 11:15

Syarat Meliput KTT ke-43 ASEAN 2023, Jurnalis Asing Harus Miliki VISA Tanpa Pengecualian

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Direktur Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Silmy Karim (Sumber: Instagram @silmykarim) Direktur Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Silmy Karim (Sumber: Instagram @silmykarim)

VOInews, Jakarta: Direktur Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Silmy Karim, mengatakan jurnalis asing harus memenuhi aturan yang ditetapkan oleh panitia agar dapat meliput kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN 2023, salah satunya harus memiliki VISA kunjungan.

 

Silmy menjelaskan, terkait VISA, para jurnalis asing bisa mendapatkannya secara daring dan akan dibantu agar para jurnalis segera mendapatkan VISA sehingga tidak ada pengecualian.

 

“Harus pakai VISA B211C. Kemudian, tapi saya bantu untuk supaya bisa cepat mendapatkan VISA. Saya tadi sudah bilang 24 jam, tetapi garantornya ditulis ASEAN Summit 2023,” kata Silmy dalam Konferensi Pers Road to ASEAN Summit 2023, Rabu (24/08/2023).

 

Silmy pun berharap kepada para jurnalis agar segera melakukan pendaftaran sesuai dengan aturan yang berlaku. Dirinya pun berkomitmen untuk mendukung kelancaran peliputan KTT ASEAN ke-43 termasuk oleh jurnalis asing.

 

“Ini kita ngomong aturan loh, di dunia manapun, di negara manapun, ada aturan Jadi tolong diikuti. Sampai hari ini, tidak ada permintaan kepada saya untuk minta pengecualian. Sehingga tolong untuk apply online. Saya bantu keluarkan dalam waktu 24 jam. Garantornya adalah ASEAN Summit atau Kementerian Luar Negeri atau Kementerian Kominfo,” tegasnya.

 

Selain VISA kunjungan, melansir dari imigrasi.go.id, para jurnalis asing harus menyiapkan beberapa persyaratan seperti paspor yang masih aktif, Letter of Guarantae dari guarantor, bukti saldo tabungan minimal USD2000 atau setara Rp30,5 juta, tiket pulang atau tiket keluar dari teritori Indonesia, pas foto berwarna terbaru dan rekomendasi dari agensi yang menaungi.

 

Para jurnalis asing dapat mengakses website visaonline.immigration.co.id untuk mendaftar dan mendapatkan VISA secara daring dengan garantor ASEAN SUMMIT 2023.

Read 325 times Last modified on Thursday, 24 August 2023 11:20