Wednesday, 30 August 2023 15:57

Hong Kong akan mengeluarkan peringatan T1 pada Rabu malam saat badai mendekati kota

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Jakarta: Observatorium Hong Kong mengatakan akan mengeluarkan sinyal peringatan No 1 pada Rabu (30/8/2023) malam ketika Topan Super Saola mendekat ke kota.

"Jalur dan intensitas badai masih belum pasti karena monsun timur laut yang diperkirakan akan melanda Tiongkok selatan dalam beberapa hari mendatang," katanya.

Menurut Observatorium, Topan tersebut, yang terletak 790 km (491 mil) timur-tenggara Hong Kong pada pukul 5 pagi hari Rabu, dapat melanda provinsi Guangdong atau bergerak ke arah barat melintasi pantainya.

“Topan Tropis Saola akan bergerak melintasi bagian timur laut Laut Cina Selatan hari ini dan besok, menuju pantai timur Guangdong,” katanya.

Pusat Prakiraan Cuaca Hong Kong itu mengatakan, Saola, yang namanya diambil dari nama mamalia bertanduk langka yang ditemukan di Vietnam pada tahun 1990an, kemungkinan akan mendekati Delta Sungai Mutiara pada hari Jumat dan Sabtu, sehingga membawa angin dan hujan lebat ke kota tersebut.

Dikategorikan sebagai topan super, Saola memiliki kecepatan angin berkelanjutan hingga 230km/jam (143mph) di dekat pusatnya.

Saola diperkirakan akan diturunkan statusnya menjadi topan parah saat melemah dan bergerak menuju provinsi Guangdong pada hari Jumat.

Menurut Observatorium, suhu di Hong Kong akan tetap stabil minggu ini, berkisar antara 26 hingga 34 derajat Celcius (78 hingga 93 Fahrenheit), dengan kemungkinan besar hujan pada hari Jumat dan badai petir selama akhir pekan.

 

Sumber : South China Morning Post

Read 215 times Last modified on Wednesday, 30 August 2023 16:05