Sunday, 03 September 2023 20:30

Mendag RI Dorong Penyatuan Komunitas Bisnis dengan Semangat Inklusif

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyakini, Keketuaan ASEAN-BAC 2023 telah memberikan semangat inklusif untuk menyatukan komunitas bisnis di Kawasan, di bawah tema “ASEAN Centrality: Innovating Towards Greater Inclusivity”.  

"Hal ini juga sejalan dengan semangat Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 yang bertema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," katanya pada ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) 2023, di Jakarta, Minggu (3/9/2023). 

Zulkifli Hasan juga mencatat tren peningkatan perdagangan barang dan arus investasi antar-negara anggota ASEAN setiap tahunnya. Untuk mempertahankan kinerja tersebut, dirinya mendorong penguatan Perjanjian Perdagangan Barang ASEAN (ASEAN Trade in Goods Agreement/ATIGA). 

"Tujuannya, untuk memastikan perjanjian tersebut tetap relevan, modern, dan lebih responsif terhadap perkembangan regional dan global," katanya. 

Dirinya pun mendorong penyelesaian perundingan yang sedang berjalan dengan mitra dialog seperti Kanada secepat mungkin, serta menjajaki Free Trade Agreement (FTA) baru dengan mitra strategis.  

Selain itu menurutnya, ASEAN dan mitra perlu memulai perundingan Perjanjian Kerangka Ekonomi Digital atau Digital Economy Framework Agreement (DEFA) tahun ini, yang akan menjadi landasan kerja sama ekonomi digital ASEAN.

Read 225 times Last modified on Sunday, 03 September 2023 20:40