Monday, 04 September 2023 17:44

ASEAN Sambut Baik Penandatanganan Aksesi TAC oleh Serbia, Panama dan Kuwait

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyambut baik penandatanganan aksesi Traktat Persahabatan dan Kerja Sama (TAC) oleh Serbia, Panama dan Kuwait.

“Hari ini ASEAN menyambut Serbia, Panama dan Kuwait sebagai negara ke-52, ke-53 dan ke-54, yang menandatangani TAC,” katanya dalam sambutan penandatanganan TAC di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (4/9/2023).

Retno menjelaskan, selama bertahun-tahun, TAC telah berperan sebagai norma dan prinsip kolektif untuk membentuk hubungan persahabatan, kebiasaan berdialog, dan hidup berdampingan secara damai di kawasan.

“Di tengah dinamika global saat ini yang ditandai dengan persaingan dan defisit kepercayaan, kita harus lebih memperkuat nilai-nilai TAC untuk meningkatkan kepercayaan dan rasa percaya diri,” katanya. 

Ia menambahkan, semakin banyaknya penandatanganan TAC menunjukkan antusiasme positif yang semakin besar. Menurutnya modalitas ini harus dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan stabilitas di kawasan dan sekitarnya.

“TAC harus menyatukan ASEAN dan Mitra Dialognya untuk menjalin kerja sama praktis dalam mengatasi tantangan bersama, mulai dari perubahan iklim, ketahanan pangan dan energi, hingga menjamurnya kejahatan terorganisir transnasional,” katanya.

Retno pun menekankan TAC harus menjadi kekuatan positif bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di Kawasan Indo-Pasifik. “Hanya dengan menerapkan sepenuhnya nilai-nilai dan prinsip-prinsip TAC kita dapat benar-benar memastikan bahwa ASEAN penting dan menjadi pusat pertumbuhan,” tutupnya.

Penandatanganan TAC dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Serbia Ivica Dačić, Wakil Menteri Luar Negeri Panama Vladimir Franco, dan Wakil Menteri Luar Negeri Kuwait Sheikh Jarrah Jaber Al Ahmad al Sabah. 

Sebelumnya, Arab Saudi menandatangani TAC di sela-sela Pertemuan Para Menlu ASEAN (AMM) ke-56 di Jakarta bulan Juli 2023, sehingga tahun ini total ada 4 negara yang akses TAC. 

Seluruh negara Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB (P5) telah menandatangani TAC, yaitu RRT (2003), Rusia (2004), Prancis (2007), AS (2009), dan Inggris (2012). Sementara dari anggota G20, hanya dua negara yang belum aksesi, yaitu Italia dan Meksiko.

Read 173 times