Tuesday, 05 September 2023 08:58

KTT ASEAN 2023: Cek Jadwal, Rangkaian Kegiatan & Tujuannya

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Indonesia akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) 2023 di Jakarta Convention Center, pada 5-7 September 2023. Pada Keketuan tahun ini, Indonesia mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, yang memberikan makna peran penting ASEAN bagi ekonomi kawasan dan dunia. Berikut informasi lengkap mengenai ASEAN Summits ke-43 yang diselenggarakan di Indonesia. 

Jadwal dan Tema ASEAN Summits ke-43 2023  Dilansir dari laman resminya, KTT ASEAN Summit 2023 di Jakarta akan berlangsung mulai Senin hingga Jumat, 5-7 September 2023. Pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN ini akan terpusat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. 

Sedikit berbeda dengan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, KTT ke-43 ASEAN tidak hanya dihadiri oleh pemimpin organisasi dari negara ASEAN. Tetapi turut dihadiri negara-negara mitra, yakni China, India, Korea Selatan, Jepang, Selandia Baru, Australia, Federasi Rusia, dan Amerika Serikat. 

Bahkan, pemimpin Pacific Island Forum, Perdana Menteri Kanada, Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (World Bank) juga turut hadir dalam pertemuan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.  Adapun, tema kegiatan KTT ke-43 ASEAN ini secara umum adalah 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth'. Tema ini akan menjadi pembahasan utama dan menghasilkan sejumlah pembahasan lain yang lebih spesifik dan mendetail.  

Rangkaian Kegiatan ASEAN Summits Ke-43  Berikut merupakan rincian rangkaian agenda tentatif yang telah dipublikasikan melalui Media Advisory 43rd ASEAN Summit and Related Summits yang terselenggara sebelum acara inti berlangsung. 

Sabtu, 2 September 2023  Meeting of the Committee of Permanent Representatives to ASEAN (CPR) atau Pertemuan Komite Perwakilan Tetap untuk ASEAN (CPR) 

Minggu, 3 September 2023  ASEAN Senior Officials' Meeting (SOM) atau Pertemuan Pejabat Senior ASEAN (SOM) 

Senin, 4 September 2023  1. ASEAN Foreign Ministers' Meeting 2. 27th ASEAN Political-Security Community (APSC) Council Meeting 3. 34th ASEAN Coordinating Council (ACC) Meeting 4. Signing Ceremony of the Instrument of Accession to the Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC) 

Selasa, 5 September 2023  1. Opening Ceremony of the 43rd ASEAN Summit/Upacara Pembukaan KTT Ke-43 ASEAN 2. 43rd ASEAN Summit (Plenary Session) 3. Opening of ASEAN-Indo-Pacific Forum: Implementation of the AOIP 4. 43rd ASEAN Summit (Retreat Session) 

Rabu, 6 September 2023  1. 26th ASEAN-China Summit 2. 24th ASEAN-Republic of Korea (ROK) Summit 3. 26th ASEAN - Japan Summit 4. 26th ASEAN Plus Three (APT) Summit 5. ASEAN - U.S. Summit 6. ASEAN - Canada Summit 

Kamis, 7 September 2023  1. 20th ASEAN - India Summit 2. 3rd ASEAN - Australia Summit 3. 13th ASEAN - UN Summit 4. 18th East Asia Summit 5. Closing Ceremony of the 43rd ASEAN Summit and Related Summits and Handing 6. Over of the ASEAN Chairmanship to the Lao People's Democratic Republic 7. Press Conference by Joko Widodo, President of the Republic of Indonesia  

ASEAN Business & Investment Summit 2023  

Di luar rangkaian kegiatan tersebut, ASEAN Business & Investment Summit 2023 juga akan dilaksanakan pada 1 hingga 6 September 2023. Berlokasi di Sultan Hotel Jakarta and Ritz Carlton Pacific Place. 

Penyelenggaraan KTT Ke-43 ASEAN ini akan berlangsung dengan agenda yang sangat padat. Presiden Joko Widodo yang menjadi tuan rumah juga diagendakan akan memimpin 12 pertemuan selama konferensi berlangsung. Baik itu pertemuan yang bersifat persidangan maupun non persidangan. 

Beberapa pertemuan bersifat persidangan yang tertera dalam jadwal kegiatan di atas dan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo secara langsung pada 6 September 2023, antara lain: 

1. KTT ke-26 ASEAN-China

2. KTT ke-26 ASEAN-Jepang

3. KTT ke-24 ASEAN-Republik Korea Selatan

4. KTT ke-1 ASEAN-Amerika Serikat 

Presiden Joko Widodo juga akan memimpin pertemuan KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-45 ASEAN-Kanada, KTT ke-20 ASEAN-India, dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Nantinya Presiden Jokowi juga akan memimpin KTT ke-18 Asia Timur (EAS) yang terdiri dari 18 anggota, termasuk 10 negara ASEAN, serta Amerika Serikat, Federasi Rusia, Selandia Baru, Australia, Cina, Jepang, Korea Selatan, dan India. 

Sementara itu, pertemuan non persidangan yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi terdiri dari: 

1. Pembukaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta

2. Pembukaan ASEAN-Indo-Pacific Forum

3. Gala dinner

4. Social events

5. Upacara penutupan dan penyerahan Keketuaan ASEAN berikutnya kepada Laos. 

Tujuan ASEAN Summits Ke-43 di Jakarta  

KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta ini akan membahas perkembangan dan penguatan kerja sama ASEAN dengan mitra eksternal. Ini berbeda dengan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo yang membahas isu-isu internal ASEAN serta isu-isu penting di dalam dan luar kawasan. 

Pertemuan KTT ke-43 ASEAN turut membahas beberapa tema penting, mulai dari Code of Conduct terkait Laut Cina Selatan, South East Asia Nuclear Weapon Free Zone (SEANWFZ), ASEAN Maritime Outlook, ASEAN Outlook in Indo Pacific (AOIP), dan isu terkait Myanmar. 

Sebagai ajang pertemuan bilateral antara pemimpin negara-negara Asia Tenggara dan negara mitra, KTT ke-43 ASEAN di Jakarta memiliki tujuan menguatkan pencapaian dan pondasi visi ASEAN 2045. Diharapkan, pertemuan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta menjadi landasan penguatan kelembagaan ASEAN dari segi pembuatan keputusan yang efektif dan efisien. 

Selain itu, diharapkan pertemuan KTT ke-43 ASEAN juga bisa menghasilkan beberapa kesepakatan penting, seperti penguatan infrastruktur ASEAN, food security, blue economy dan green economy, serta digital economy dan payment ecosystem.

Read 185 times