Wednesday, 06 September 2023 11:00

Presiden Joko Widodo Dorong Realisasi Kerja Sama Konkrit ASEAN-RRT

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

 

 

VOInews, Jakarta: Presiden Joko Widodo mendorong realisasi kerja sama konkrit yang saling menguntungkan antara ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Menurutnya, RRT adalah salah satu dari 4 mitra dialog ASEAN yang memiliki status mitra strategis komprehensif. 

 

"Kita perlu memaknai semua ini dengan merealisasikan kerjasama konkrit yang saling menguntungkan di mana hal tersebut hanya bisa dilakukan jika kita memiliki trust satu sama lain yang tentu saja harus dibangun dan dipelihara oleh semua pihak," katanya dalam sambutan pada KTT ke-26 ASEAN-RRT, di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

 

Menurut Presiden, tahun ini juga menandai 20 tahun aksesi RRT terhadap Traktat Persahabatan dan Kerja Sama (TAC). Ia mengatakan, bahwa rasa saling percaya dan kerja sama konkret dapat menjadi kekuatan bagi perdamaian kawasan.

 

"Trust dan kerjasama konkrit inilah yang dapat menjadi positive force bagi stabilitas dan perdamaian kawasan," katanya.

 

Sementara itu Perdana Menteri RRT, Li Qiang, dalam kesempatan yang sama mengatakan ASEAN dan RRT telah berkomitmen untuk tulus dalam memperlakukan sesama. Menurutnya, kepercayaan diantara kedua pihak juga telah berkembang semakin dalam.

 

"Ketulusan adalah kunci yang membuka hati kita dan kepercayaan adalah jembatan yang menghubungkan pikiran. Bagaimana pun situasi internasional berkembang, ASEAN dan RRT telah menjaga komunikasi yang erat, saling menghormati dan mengakomodasi kebutuhan masing-masing," katanya.

 

Li Qiang menambahkan, kerja sama ASEAN-RRT telah berkembang pesat karena kedua pihak memiliki pemahaman yang mendalam mengenai tantangan yang dihadapi, memiliki keinginan kuat untuk mencapai perdamaian dan aspirasi yang kuat untuk pembangunan dan menjaga stabilitas regional.

 

"Kerja sama ASEAN-RRT akan terus kuat melawan segala tantangan, dan kedua pihak akan mencapai kemajuan yang lebih besar dalam kerja sama tersebut," tutupnya.

Read 223 times Last modified on Wednesday, 06 September 2023 11:56