Wednesday, 06 September 2023 13:33

ASEAN Harapkan Peningkatan Kontribusi Jepang dalam Pembangunan Infrastruktur

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: ASEAN mengharapkan peningkatan kontribusi Jepang terhadap pembangunan infrastruktur. Menurut Presiden Joko Widodo, Jepang sebagai salah satu mitra paling aktif ASEAN dan pendukung utama ASEAN Outlook on The Indo-Pasific, dapat menjadi kontributor utama dalam mewujudkan kerjasama konkret yang bermanfaat langsung bagi rakyat. 

"Saat ini, ASEAN membutuhkan investasi infrastruktur senilai USD184 miliar per tahun. ASEAN berharap Jepang dapat terus meningkatkan kontribusinya pada ASEAN Infrastructure Fund dan ASEAN Catalytic Green Finance Facility untuk mendukung konektivitas dan Infrastruktur hijau," katanya dalam pembukaan KTT ke-26 ASEAN-Jepang, di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Presiden Joko Widodo mengatakan ASEAN dan Jepang telah sepakat membentuk Kemitraan Komprehensif Strategis yang saling menguntungkan. 

"ASEAN dan Jepang telah sepakat membentuk Kemitraan Komprehensif Strategis yang bukan sekedar seremonial dan bukan sekedar basa-basi, tapi justru berbentuk kerjasama konkret yang saling menguntungkan," katanya. 

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo mengatakan, secara geografis, Jepang dan ASEAN adalah bagian dari Asia. Oleh karena itu, ia mengatakan, ASEAN dan Jepang memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

Read 222 times