Thursday, 07 September 2023 12:52

ASEAN Harapkan KTT Asia Timur Sepakati Pernyataan Tingkat Pemimpin

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) memiliki harapan besar agar KTT Asia Timur dapat menyepakati Pernyataan Tingkat Pemimpin mengenai tekad untuk menjadikan kawasan sebagai pusat pertumbuhan (epicentrum of growth). 

 

"ASEAN akan sangat menghargai jika KTT Asia Timur ini dapat menyepakati Pernyataan Tingkat Pemimpin mengenai tekad untuk terus menjadikan kawasan ini sebagai epicentrum of growth," katanya dalam pembukaan KTT ke-18 Asia Timur, di Jakarta, Kamis (7/9/2023).

 

Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini, seluruh mata di dunia menantikan KTT Asia Timur untuk dapat menjadikan dunia tempat yang baik bagi semua. Menurutnya, hal itu ditentukan oleh kebijaksanaan para Pemimpin yang hadir di Jakarta.

 

"Saya betul-betul minta kepada seluruh Pemimpin KTT Asia Timur untuk menjadikan forum ini sebagai tempat memperkuat kolaborasi, sebagai tempat memperkuat kerja sama, bukan justru mempertajam rivalitas," katanya.

 

Lebih lanjut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa para Pemimpin memiliki tanggung jawab yang sama besar untuk menciptakan perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

 

"Entah sudah berapa banyak kata “perdamaian” dan kata “stabilitas” yang dikeluarkan setiap pertemuan dari kita. Ini tidak lain menunjukkan bahwa pada dasarnya, kita semua sadar perdamaian dan stabilitas adalah kunci utama untuk mencapai kemakmuran," tegasnya.

 

Dalam kesempatan itu dirinya juga menyampaikan komitmen ASEAN untuk menjadikan kawasan sebagai pusat pertumbuhan, sehingga ASEAN akan terus bekerja memainkan peran sebagai kontributor perdamaian dan stabilitas.

Read 238 times