Tuesday, 12 September 2023 12:36

Menparekraf Dukung KEK Likupang Sebagai Regenerative Tourism Area

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOInews, Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang di Sulawesi Utara dalam konsep Regenerative Tourism Area atau Kawasan Pariwisata Regeneratif. Sandiaga Uno dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Jakarta, Senin (11/9) menjelaskan, KEK Likupang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 84 Tahun 2019 pada 6 Desember 2019 yang pengembangannya menerapkan konsep Regenerative Tourism Area secara holistic di seluruh kawasan. Menurut Sandiaga Uno, konsep ini bukan saja mengurasi emisi karbon dan menerapkan keberlanjutan lingkungan, namun juga di setiap aktivitas pariwisatanya memberikan penambahan kekayaan hayati flora dan fauna melalui penelitian dan melalui kegiatan yang ramah lingkungan.

“konsep regenerative tourism itu adalah bukan mengoffset saja emisi karbon, dan keberlanjutan lingkungan tapi mereka justru berkontribusi seperti melakukan penanaman mangrove,  jadi aktivitas pariwisatanya itu justru memberikan penambahan kekayaan hayati flora dan fauna melalui penelitian dan melalui kegiatan yang ramah lingkungan. Konsep ini memang baru dan biasanya kita berwisata itu tidak terlalu menyentuh aspek dari lingkungan, selain dari kebersihannya., maupun penggunaan energi baru dan terbarukan, tetapi ini secara konsepnya holistic bawa seluruh Kawasan disana itu mendukung konsep dimana pariwisata itu akan justru menghidupkan kembali, flora dan fauna disana yang mungkin selama ini terusik dari kegiatan pariwisata tersebut, ujar Sandiaga.

Sandiaga Uno lebih lanjut menyampaikan Konsep Pariwisata Regenerative Tourism di Likupang sangat unik dan kedepannya dengan konsep pariwisata ini Likupang akan menjadi pilot project untuk destinasi lainnya, agar Likupang semakin dikenal. Sementara itu, Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda mengatakan, pemerintah daerah juga terus mendukung pembangunan KEK Likupang yang saat ini telah dibangun fasilitas jalan dari Bandara ke KEK Likupang segmen pertama. Menurutnya, Segmen kedua akan didanai APBD dari Pemkab Minahasa Utara dengan panjang 1,7 kilometer.

Semantara itu, Direktur Operasional PT Minahasa Permai Resort Development selaku BUPP KEK Likupang Paquita Widjaja menjelaskan Likupang punya karakter tersendiri. Indonesia memiliki wilayah sangat luas dengan ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Demikian pula dengan kekayaan alamnya yang sangat melimpah. Letak geografis dan astronomis Indonesia juga berpengaruh terhadap kekayaan fauna yang mendiami wilayah tanah air Indonesia.

“Indonesia itu hampir semuanya cantik dari alam dan budaya. Yang membedakan kami di Minahasa Utara adalah kami tidak hanya berada di Wallace line tetapi juga di jantung Coral Triangle, dengan biodiversitas yang ada di wilayah ini yang khas. Itulah yang menjadi keunggulan KEK Likupang,” katanya.

Read 281 times