Tuesday, 12 September 2023 16:55

LKMM-PD FH UNDIP 2023 Kembali Digelar

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Diponegoro melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan rutin Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Pra-Dasar (LKMM-PD) bagi mahasiswa baru, pada 9-10 September 2023.

 

"LKMM-PD FH Undip 2023 hadir dengan tema Optimalisasi Potensi Diri demi Wujudkan Generasi Bestari," kata Ketua BEM FH Undip 2023 Adry Adiananta dalam keterangan yang di terima di Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Dalam kegiatan yang diikuti 853 mahasiswa baru ini, para mahasiswa baru dibekali keterampilan-keterampilan soft skills untuk menyiapkan mereka menghadapi dinamika kampus. Beberapa materi disajikan melalui kegiatan ini seperti Analisis Potensi Diri, Personal Branding, dan Personal Building, lalu Manajemen Emosi, dan Dasar-Dasar Komunikasi/Organisasi.

 

"Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak bagi mahasiswa baru terutama untuk lebih mengenal kampus dan menggali potensi diri masing-masing mahasiswa. Utamanya adalah agar mahasiswa FH Undip bisa mengisi bonus demografi dan mengambil peran aktif mewujudkan Indonesia Emas 2045," kata Adry.

 

Salah satu materi yang diberikan pada LKMM-PD adalah Analisa Potensi Diri, Personal Branding dan Personal Building. Materi tersebut dinilai penting untuk memberikan kemampuan kepada para mahasiswa untuk menganalisa potensi diri. 

 

"Menjadi sangat krusial dikarenakan kemampuan analisa potensi diri diperlukan guna membantu mahasiswa dalam menentukan arah gerak dalam mengembangkan kemampuan diri dalam kehidupan kampus di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro," katanya.

 

Salah satu pembicara yang hadir adalah Koordinator PPI Dunia tahun 2020-2021, Choirul Anam. Dalam materi tentang "Membentuk Bonus Demografi yang Unggul Untuk Berkontribusi Mewujudkan Indonesia Emas 2045”, ia menyampaikan pentingnya nilai tambah bagi generasi muda Indonesia.

 

"Yang utama dari Bonus demografi adalah memanfaatkannya menjadi economic value added. Salah satu cara mahasiswa mengisi bonus demografi melalui pendidikan, optimalisasi teknologi, dan keunggulan inovasi para pemuda," kata Anam.

 

Ia pun menyampaikan strategi dalam mempersiapkan diri agar dapat melanjutkan studi di luar negeri untuk lebih membuka potensi di dalam diri mahasiswa. Dirinya pun menyoroti pentingnya kemampuan pemikiran open minded, literasi digital, time management, hingga kemampuan menulis karya ilmiah.

 

“Mahasiwa tidak boleh untuk mudah  berpikir bahwasanya latar belakang finansial yang kurang, keadaan sosial yang sulit serta hambatan tertentu lainnya menjadi suatu penghambat mahasiwa untuk maju,” katanya.

 

Ia pun menyoroti pentingnya keyakinan diri serta usaha, yang menjadi faktor penentu dalam menempa seorang mahasiswa agar berhasil dalam mengarungi kehidupan ke depan. 

 

Pembicara lainnya yang hadir antara lain Vivi Tri Mediani, Direktur Alsa LC Undip dan Salma Rofifah, Komisi Ahli Pergerakan BEM FH Undip.

Read 234 times Last modified on Tuesday, 12 September 2023 17:07