Wednesday, 27 September 2023 10:33

PPLN Singapura mengajak WNI berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Panitia Pemilu Luar Negeri Singapura

 

VOInews, Jakarta: Dalam rangka memberikan wawasan dan meningkatkan partisipasi pemilih Luar Negeri dalam pemilu 2024, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Singapura bersama Bijak Memilih Panwaslu Singapura dan KBRI Singapura menggelar kegiatan sosialisasi dan diskusi bertajuk “Ngobrolin Indonesia dan Masa Depannya Yuk!" pada Senin (24/9/2023) di Singapura.

 

Di acara yang dihadiri lebih dari 100 mahasiswa dan profesional muda ini, Deputy Chief of Mission Djati Ismojo mengajak semua Warga Negara Indonesia (WNI) di Singapura untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu 2024.

 

“Peserta dan generasi muda diaspora di Singapura untuk berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi 5 tahunan Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (27/9/2023).

 

Dalam sesi sosialisasi Pemilu 2024, PPLN Singapura menyampaikan demografi pemilih yang terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap) Singapura, dimana dari 106.515 pemilih terdaftar, generasi muda (<35 tahun) mencakup 1 dari 3 jumlah pemilu.

 

PPLN Singapura memaparkan beberapa informasi mengenai Pilpres dan Pileg mencakup persentase DPT pemilih luar negeri didalam DPT DKI Jakarta 2, yang berjumlah 40.3% dari total.

 

Selanjutnya, PPLN Singapura menjelaskan penentuan pemenang Pilpres dan Pileg menurut undang-undang, Daftar Calon Sementara DPR Dapil DKI Jakarta 2 yang sudah ditetapkan, teknis cara mendaftar dan memilih di Singapura, dan informasi penting lainnya sebagai persiapan untuk pemilu mendatang.

 

Selain penyampaian pemaparan, kegiatan juga diisi oleh Talkshow dengan tema “Apa Kegalauan yang Kamu Miliki tentang Indonesia?” dan Sesi Aspirasi, dimana peserta acara dibagi menjadi 4 kelompok untuk menjalankan sebuah Focus Group Discussion.

Read 317 times